DEKAZI GAMES SEBAGAI MEDIA EDUKASI INTERAKTIF GIZI ANAK SEKOLAH DI ERA 4.0
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.4.1.19-24Keywords:
Gizi dalam daur kehidupan, games, status gizi, edukasi, anak sekolahAbstract
Masalah gizi dalam daur kehidupan biasa disebut dengan istilah “Lingkaran Setan”. Hal ini karena siklus permasalahan gizi tersebut berisikan fase-fase kehidupan yang memiliki rantai permasalahan gizi saling berkaitan dengan fase kehidupan setelahnya. Salah satu fase yang menentukan dalam penanggulangan masalah gizi adalah fase usia anak sekolah. Edukasi gizi dengan menggunakan metode pembelajaran di era 4.0. dapat menjadi salah satu upaya untuk meingkatkan kesehatan dan gizi anak sekolah berkaitan dengan daur kehidupan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan gizi siswa anak sekolah dengan media edukasi games daur kehidupan (DEKAZI Games). Kegiatan dilakukan di SIT SD Plus Bina Bangsa Sejahtera Kota Bogor secara daring pada bulan Agustus 2021. Metode dalam pelaksanaan kegiatan ini terdiri tiga tahap yaitu identifikasi masalah gizi, pembuatan website games, dan pelaksanaan program. Efektifitas media edukasi games DEKAZI di evaluasi dengan menggunakan pre-post tests. Post-tests dilakukan setelah siswa diberikan kesempatan untuk memainkan games selama tiga hari. Hasil dari kegiatan ini didapatkan peningkatan pengetahuan dengan rata-rata sebesar 18% yakni dari 69% siswa yang menjawab benar saat pre-test menjadi 84% siswa yang menjawab benar saat post-test. Oleh karena itu, games ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan gizi dalam daur kehidupan, khususnya anak usia sekolah.References
Agata, A. (2015). Analisis pengaruh komunikasi internal, kepemimpinan, dan pelatihan terhadap kinerja karyawan (Studi Kasus Pada Karyawan Produksi PT. Temprina Media Grafika Jawa Pos Group Cabang Semarang). Universitas Diponegoro Semarang.
Amira dan Setyaningtyas. (2021). Pengaruh edukasi gizi terhadap pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar dalam pemilihan jajanan sehat: literature review. Media Gizi Indonesia (National Nutrition Journal), 16(2), 130–138. https://doi.org/10.204736/mgi.v16i2.130–138
Briawan, D. (2016). Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Jajanan Anak Sekolah Dasar Peserta Program Edukasi Pangan Jajanan. Jurnal Gizi Dan Pangan, 11(3), 201–210. https://journal.ipb.ac.id/index.php/jgizipangan/ article/view/16455/12074
Budiman & Riyanto A. (2013). Kapita Selekta Kuisioner Pengetahuan Dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan. Salemba Medika.
Ghaffari, M., Hatami, H., Rakhshanderou, S., & Karimi, H. (2017). Effectiveness of Snackcentered Nutrition Education on Promoting Knowledge, Attitude, and Nutritional Behaviors in Elementary Students. Title. International Journal of Pediatrics, 12(5), 6495–6502. https://doi.org/doi:10.22038/IJP.2017.24531.2067
Kemenkes RI. (2020). Gizi saat Remaja Tentukan Kualitas Keturunan. https://www.kemkes.go.id/article/view/20012600004/gizi-saat-remaja-tentukan-kualitas-keturunan.html
Langer, A., Meleis, A., Knaul, F. M., Atun, R., Aran, M., Arreola-Ornelas, H., Frenk, J. (2015). Women and Health: the key for sustainable development. The Lancet, 386(9999), 1165–1210. https://doi.org/doi:http://dx.doi.org/10.1016/S0140-6736(15)60497-4
Notoatmodjo, S. (2012). Promosi kesehatan dan perilaku kesehatan. Rineka Cipta.
Pritasari, Damayanti, D., dan Lestari, N. (2017). Gizi Dalam Daur Kehidupan. Pusat Pendidikan Sumber Daya Manusia Kesehatan.
Riskesdas. (2018). Laporan Utama Nasional Riskesdas 2018.
Soetjah N. IG,N, G. R. (2016). Tumbuh Kembang Anak. EGC.
Titisari N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Game Edukasi Terhadap Peningkatan Pengetahuan Anemia Pada Siswa Sdit Al-Falaah Sambi Boyolali [Universitas Muhammaadiyah Surakarta]. http://v2.eprints.ums.ac.id/archive/etd/70474
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).