Pelatihan Peningkatan Produksi CV Madu Apiari Mutiara melalui Peran Research & Development dalam Desain Produk Diversifikasi Ecoinovasi

Ratri Ariatmi Nugrahani, Lilik Sumarni, Fatma Sari, Novita Setyawati, Syamsudin Abdullah, Sri Hidayat, Abdur Rauf Desart Puto, Arief Rafi Faisal, Gizka Nurizki Amalia

Abstract


Permasalahan umum yang dihadapi UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) adalah melakukan Perancangan produk untuk keperluan diversifikasi dan inovasi sebagai upaya untuk peningkatan produksi, adalah karena keterbatasan atau tidak adanya unit Research dan Development. Perlu peran Perguruan Tinggi dalam peningkatan kualitas dan kuantitas produk diversifikasi dan inovasi untuk UMKM. Khususnya diperlukan untuk mentransfer Ilmu dan Teknologi melalui pelaksanaan pelatihan mengenai diversifikasi dan inovasi produk dengan menerapkan hasil penelitian. Metode Pelaksanaan Pengabdian Masyarakat terdiri dari: i. Observasi terhadap Mitra, melalui pengumpulan data sekunder dari berbagai sumber pustaka yang mendukung, data primer berupa hasil survey, wawancara/ diskusi untuk mengetahui permasalahan mitra; ii. mengadakan kemitraan melalui pengisian lembar kebersediaan sebagai Mitra PKM; iii. Koordinasi Dosen/ Mahasiswa PKM dan KKN dengan Mitra utk pelaksanaan kegiatan Pelatihan untuk menyelesaikan permasalahan; iv. Persiapan pelaksanaan Pelatihan (Penentuan Topik dan Narasumber, Pembagian Tugas: Dokumentasi; Pembuatan Soal Pre dan Post Test, ATK (Spanduk, Cetak Soal, Sertifikat, Kuisoner kepuasan Mitra); v. Pelaksanaan Pelatihan, Pengolahan Data (Pre test, Post Test, dan Kuisoner), Pemberian Rekomendasi bagi Mitra; vi. Penyusunan Laporan & Luaran. Pada kegiatan kolaborasi PKM dan KKN UMJ 2023 dengan Mitra UMKM CV Madu Apiari Mutiara, diharapkan mampu mendesain produk dengan mendiversifikasi dan menginovasi berbasis produk-produk yang telah ada melalui hasil dari penelitian Perguruan Tinggi. Rekomendasi R&D bagi mitra diantaranya adalah dengan meningkatkan kerjasama dengan Peneliti dari Lembaga Penelitian atau Perguruan Tinggi untuk dapat memanfaatkan hasil penelitian.


Keywords


Community Services;

Full Text:

PDF

References


Agustono, Utami, B.E. dan Setyowati, N. (2017) DIVERSIFIKASI PRODUK SEBAGAI UPAYA STRATEGI PEMASARAN PRODUK OLAHAN JAGUNG (KASUS UKM MARNING DESA SIDOMUKTI KECAMATAN JENAWI KARANGANYAR). Prosiding Seminar Nasional 6th UNS SME’s SUMMIT & Awards. Peningkatan Daya Saing UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN

Cussler, E.L. and Moggridge, G. D. (2012). Chemical product design. 2nd edition. Cambridge University Press, Cambridge, U.K.

Nugrahani, R.A., Fithriyah, N.H., Hendrawati, T.Y., Nelfiyanti. (2018). Dedak Padi (Rice Bran): Potensi, Proses Pengolahan, dan Analisis Nilai Tambah Produk sebagai Bahan Baku Bioaktif dan Bioaditif. CV Samudra Biru. Yogyakarta.

Nugrahani, R.A., Hendrawati, T.Y., Hasyim, U.H., Fatma Sari. (2022). Ekstrak minyak dedak padi (rice bran) : potensi sebagai antioksidan produk body oil dan hair mask. CV Samudra Biru. Yogyakarta

Sobczak, E. & Głuszczuk, D. 2022. Diversification of Eco-Innovation and Innovation Activity of Small and Medium-Sized Enterprises in the European Union Countries. Sustainability. 14(4).

https://opus.lib.uts.edu.au/bitstream

https://youtu.be/JNzvLWC2cGQ




DOI: https://doi.org/10.24853/jpmt.6.2.128-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright of Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik (JPMT) (e-ISSN:2655-1446).

  Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Powered by Puskom-UMJ