Literasi Sains Berbasis Energi Terbarukan di Taman Rekreasi Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang

Authors

  • Moh. Jufri Universitas Muhammadiyah Malang
  • Rr. Heni Hendaryati Universitas Muhammadiyah Malang
  • Ary Dwi Astuti Universitas Muhammadiyah Malang
  • Baiq Firyal Salsabila Safitri Universitas Muhammadiyah Malang

Abstract

Kebutuhan energi pada masa sekarang ini menyebabkan perkembangan yang sangat pesat pada perkembangan penelitian, teknologi, dan sains pada energi terbarukan. Perkembangan sains pada energi terbarukan perlu diperkenalkan pada masyarakat agar mereka bisa ikut serta dalam memanfaatkan, mengelola, dan melestarikan sumber energi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan literasi pada masyarakat mengenai energi terbarukan, sumber energi, pemanfaatan, dan pengelolaan sumber energi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participation Action Research (PAR) di mana partisipan diberikan pelatihan dan dilibatkan secara langsung untuk menjelaskan energi terbarukan pada komunitas. Dalam pengabdian ini, partisipan adalah pengelola dan staf pendamping pengunjung di Pos Energi Taman Rekreasi Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang (TRS UMM). Tim pengabdi, dalam kegiatan ini juga menyediakan alat peraga energi terbarukan yang bisa digunakan untuk menjelaskan dan memeragakan mengenai konsep energi terbarukan kepada pengunjung TRS UMM.  Hasil dari pengabdian ini adalah tiga alat peraga energi terbarukan yang dibangun yaitu miniatur-miniatur panel surya, turbin angin, dan turbin air. Pengabdian ini juga memberikan pemahaman dan kepercayaan diri pada staf pendamping pengunjung TRS UMM untuk memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan pengunjung Pos Energi TRS UMM. Selain itu, antusiasme pengunjung Pos Energi TRS UMM sangat tinggi terutama pengunjung siswa yang merasa senang karena bisa belajar sambil bermain dengan memeragakan fenomena perubahan energi melalui alat peraga. Dari kegiatan ini bisa disimpulkan bahwa literasi sains berbasis energi baru terbarukan bisa tersampaikan dengan baik dengan adanya alat peraga dan pembimbing yang menguasai konsep energi terbarukan dengan penjelasan yang menarik dan interaktif.

References

Adriyawati, A., Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). STEAM-Project-Based Learning Integration to Improve Elementary School Students’ Scientific Literacy on Alternative Energy Learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1863–1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523

Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.); Satu). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.

Amrullah, K., & Suwarjo, S. (2018). The effectiveness of the cooperative problem-based learning in improving the elementary school students’ critical thinking skills and interpersonal intelligence. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.11253

Budi, A. P. S., Sunarno, W., & Sugiyarto. (2018). Natural science modules with SETS approach to improve students’ critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1022, 012015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012015

Bybee, R. W., & Landes, N. M. (1990). Science for Life & Living: An Elementary School Science Program from Biological Sciences Curriculum Study. The American Biology Teacher, 52(2), 92–98. https://doi.org/10.2307/4449042

Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2020). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377

Kiswanto, A. (2017). The Effect Of Learning Methods And The Ability Of Students Think Logically To The Learning Outcomes On Natural Sciences Of Grade Iv`S Student. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017). https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.168

LEASA, M., COREBİMA, A. D., & BATLOLONA, J. R. (2020). The effect of learning styles on the critical thinking skills in natural science learning of elementary school students. İlköğretim Online, 2086–2097. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763449

Malang, U. M. (2015). Taman Rekreasi Sengkaling. Universitas Muhammadiyah Malang. https://www.umm.ac.id/id/pages/taman-rekreasi-sengkaling-2/taman-rekreasi-sengkaling-2.html

Purwanti, S., Setyaningrum, F., Ma’rifah, D. R., Sabri, S., Febrianti, N., & As-Shalikhah, T. N. (2024). Penguatan Desa Wisata Potorono Education Park (PEP) berbasis Literasi. Abdimas Dewantara, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v7i1.13915

Satria, E., & Sopandi, W. (2019). Applying RADEC model in science learning to promoting students’ critical thinking in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032102. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032102

Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual Learning: Innovative Approach towards the Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1). https://doi.org/10.12973/ejmste/79329

Vieira, R. M., & Tenreiro-Vieira, C. (2016). Fostering Scientific Literacy and Critical Thinking in Elementary Science Education. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(4), 659–680. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9605-2

Downloads

Published

2025-05-21