Literasi Sains Berbasis Energi Terbarukan di Taman Rekreasi Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang
Abstrak
Kebutuhan energi pada masa sekarang ini menyebabkan perkembangan yang sangat pesat pada perkembangan penelitian, teknologi, dan sains pada energi terbarukan. Perkembangan sains pada energi terbarukan perlu diperkenalkan pada masyarakat agar mereka bisa ikut serta dalam memanfaatkan, mengelola, dan melestarikan sumber energi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan literasi pada masyarakat mengenai energi terbarukan, sumber energi, pemanfaatan, dan pengelolaan sumber energi. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah Participation Action Research (PAR) di mana partisipan diberikan pelatihan dan dilibatkan secara langsung untuk menjelaskan energi terbarukan pada komunitas. Dalam pengabdian ini, partisipan adalah pengelola dan staf pendamping pengunjung di Pos Energi Taman Rekreasi Sengkaling Universitas Muhammadiyah Malang (TRS UMM). Tim pengabdi, dalam kegiatan ini juga menyediakan alat peraga energi terbarukan yang bisa digunakan untuk menjelaskan dan memeragakan mengenai konsep energi terbarukan kepada pengunjung TRS UMM. Hasil dari pengabdian ini adalah tiga alat peraga energi terbarukan yang dibangun yaitu miniatur-miniatur panel surya, turbin angin, dan turbin air. Pengabdian ini juga memberikan pemahaman dan kepercayaan diri pada staf pendamping pengunjung TRS UMM untuk memberikan penjelasan dan menjawab pertanyaan pengunjung Pos Energi TRS UMM. Selain itu, antusiasme pengunjung Pos Energi TRS UMM sangat tinggi terutama pengunjung siswa yang merasa senang karena bisa belajar sambil bermain dengan memeragakan fenomena perubahan energi melalui alat peraga. Dari kegiatan ini bisa disimpulkan bahwa literasi sains berbasis energi baru terbarukan bisa tersampaikan dengan baik dengan adanya alat peraga dan pembimbing yang menguasai konsep energi terbarukan dengan penjelasan yang menarik dan interaktif.Referensi
Adriyawati, A., Utomo, E., Rahmawati, Y., & Mardiah, A. (2020). STEAM-Project-Based Learning Integration to Improve Elementary School Students’ Scientific Literacy on Alternative Energy Learning. Universal Journal of Educational Research, 8(5), 1863–1873. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.080523
Afandi, A., Laily, N., Wahyudi, N., Umam, M. H., Kambau, R. A., Rahman, S. A., Sudirman, M., Jamilah, Kadir, N. A., Junaid, S., Nur, S., Parmitasari, R. D. A., Nurdiyanah, Wahid, M., & Wahyudi, J. (2022). Metodologi Pengabdian Masyarakat (Suwendi, A. Basir, & J. Wahyudi (eds.); Satu). Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI.
Amrullah, K., & Suwarjo, S. (2018). The effectiveness of the cooperative problem-based learning in improving the elementary school students’ critical thinking skills and interpersonal intelligence. Jurnal Prima Edukasia, 6(1), 66–77. https://doi.org/10.21831/jpe.v6i1.11253
Budi, A. P. S., Sunarno, W., & Sugiyarto. (2018). Natural science modules with SETS approach to improve students’ critical thinking ability. Journal of Physics: Conference Series, 1022, 012015. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1022/1/012015
Bybee, R. W., & Landes, N. M. (1990). Science for Life & Living: An Elementary School Science Program from Biological Sciences Curriculum Study. The American Biology Teacher, 52(2), 92–98. https://doi.org/10.2307/4449042
Fauzia, N. L. U., & Kelana, J. B. (2020). Natural Science Problem Solving in Elementary School Students Using the Project Based Learning (PjBL) Model. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(4). https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jisd.v4i4.28377
Kiswanto, A. (2017). The Effect Of Learning Methods And The Ability Of Students Think Logically To The Learning Outcomes On Natural Sciences Of Grade Iv`S Student. Proceedings of the 9th International Conference for Science Educators and Teachers (ICSET 2017). https://doi.org/10.2991/icset-17.2017.168
LEASA, M., COREBİMA, A. D., & BATLOLONA, J. R. (2020). The effect of learning styles on the critical thinking skills in natural science learning of elementary school students. İlköğretim Online, 2086–2097. https://doi.org/10.17051/ilkonline.2020.763449
Malang, U. M. (2015). Taman Rekreasi Sengkaling. Universitas Muhammadiyah Malang. https://www.umm.ac.id/id/pages/taman-rekreasi-sengkaling-2/taman-rekreasi-sengkaling-2.html
Purwanti, S., Setyaningrum, F., Ma’rifah, D. R., Sabri, S., Febrianti, N., & As-Shalikhah, T. N. (2024). Penguatan Desa Wisata Potorono Education Park (PEP) berbasis Literasi. Abdimas Dewantara, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30738/ad.v7i1.13915
Satria, E., & Sopandi, W. (2019). Applying RADEC model in science learning to promoting students’ critical thinking in elementary school. Journal of Physics: Conference Series, 1321(3), 032102. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1321/3/032102
Suryawati, E., & Osman, K. (2017). Contextual Learning: Innovative Approach towards the Development of Students’ Scientific Attitude and Natural Science Performance. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1). https://doi.org/10.12973/ejmste/79329
Vieira, R. M., & Tenreiro-Vieira, C. (2016). Fostering Scientific Literacy and Critical Thinking in Elementary Science Education. International Journal of Science and Mathematics Education, 14(4), 659–680. https://doi.org/10.1007/s10763-014-9605-2
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).