PENGUATAN WAWASAN PARA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH AL-WATHONIYAH TENTANG STRATEGI MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.24853/jpmt.2.2.71-76Kata Kunci:
Minat Baca, Buku, Guru, Siswa, Madrasah IbtidaiyahAbstrak
Program Pengabdian Masyarakat ini berdasar dari adanya sebuah permasalahan, yaitu minimnya pengetahuan para guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Wathoniyah tentang strategi meningkatkan minat baca siswa. Rendahnya minat baca siswa disebabkan oleh beberapa faktor di antaranya: 1) metode belajar yang menekankan kemampuan menghafal; 2) tidak memiliki sarana perpustakaan yang memadai; dan 3) minimnya jenis buku yang dapat membangkitkan minat baca siswa. Berdasarkan beberapa hal tersebut, para guru membutuhkan strategi yang inovatif dalam meningkatkan minat baca anak didik. Pengabdian masyarakat ini bertujuan: 1) memperkaya wawasan para guru tentang metode belajar yang dapat mendorong siswa memiliki rasa ingin tahu dan minat untuk membaca beraneka macam buku; 2) memperkaya wawasan para guru tentang manajemen perpustakaan dan jenis-jenis buku yang bisa membangkitkan minat baca di kalangan siswa tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau sekolah tingkat dasar (SD); 3) mendorong MI Al-Wathoniyah, khususnya para guru, untuk merumuskan strategi dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode pelaksanaan pengabdian ini dibagi menjadi tiga tahapan; yaitu pendekatan terhadap mitra, partisipasi mitra, dan evaluasi dan keberlanjutan program pasca pelaksanaan pengabdian ini. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adannya keinginan dari para guru untuk menciptakan sistem dan suasana yang kondusif dalam menumbuhkan antusiasme siswa dalam membaca. Di samping itu, para guru juga menyadari pentingnya membiasakan kepada para siswa tentang cara membaca yang efektif dan menyenangkan.Referensi
Auladuna. 2018. Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Dasar Pendidikan Islam. Vol 5 No. 1., hlm 116-125.
Baderi, A. (2005) Teknik Pemasyarakatan Perpustakaan dan Pembinaan Minat Baca. Bahan Diklat Tenaga Penyuluh Minat dan Gemar Membaca.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Gallo, D. (2007) “Reading Interests and Habits of Connecticut Students in
Grades Four through Twelve”. The Reading Matrix. Vol. 2, No.3, h. 1-20.
Greene, B. (2001) “Testing Reading Comprehension of Theoretical Discourse with Close”. Journal of Research in Reading. 24 (1) h. 32-98.
Guntur,Henry T. 2005. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa, Bandung : Angkasa.
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Rosdakarya. Cipta
Owusu-Acheaw, M. (2014) Reading Habits among Students and its Effect on Study Performance: A Study of Students of Koforidua Polytechnic. Library Philosophy and Practice (e-journal). http://digitalcommons.unl.edu/libphilprac. Diunduh 5 April 2019.
Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).