PERSEPSI WAJIB PAJAK PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) ATAS KEPATUHAN SEBAGAI WAJIB PAJAK
Abstract
Tujuan Penelitian: Kepatuhan wajib pajak adalah ketika wajib pajak memenuhi semua kewajiban perpajakan dan melaksanakan hak perpajakannya, kewajiban perpajakan meliputi mendaftarkan diri, menghitung dan membayar pajak terutang membayar tunggakan dan menyetorkan kembali surat pemberitahuan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji dan menganalisis persepsi wajib pajak pellaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) atas kepatuhan wajib pajak pada KPP Pratama tebing Tinggi.
Desain/Metode/Pendekatan: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Asosiatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner. penulis menyebar kuesioner kepada responden pelaku UMKM yaitu sebanyak 98 orang yang terdaftar di KPP Pratama Tebing Tinggi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan software Smart PLS.
Hasil Penelitian: Berdasarkan hasil penelitian dengan melihat hasil direct effect Koefisien jalur 0.639 dan P-Value 0.000 dengan taraf signifikan 0.000 < 0.05, dan nilai t-statistik 8.884 > 1,96 dari hasil tersebut ditemukan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Persepsi Wajib Pajak Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Atas Kepatuhan Wajib Pajak.Full Text:
PDFReferences
Ananda Sabil Husain (2015) Penelitian bisnis dan manajemen menggunakan partial least squares (PLS) dengan smart PLS 3.0, Modul ajar jurusan manajemen fakultas ekonomi dan bisnis unversitas Brawijaya
Bahri, S. (2020). Analisi Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Dengan Kesadaran Wajib Pajak Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 20(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/jrab.v20i1.4754
Djabbar, I., & Baso, S. (2019). Pengembangan Usaha Kecil & Menengah (UKM) Di Kabupaten Kolaka Utara. Publikauma : Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(2), 116. https://doi.org/10.31289/publika.v7i2.2974
Hardiningsih, P., & Yulianawati, N. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemauan Membayar Pajak. Dinamika Keuangan Dan Perbankan, 3(1), 126–142.
Juliandi, A. (2018). Pelatihan SEM-PLS Program Pascasarjana Universitas Batam (hal. Structural equation model based partial least square (SEM_PLS): Menggunakan Smart PLS). hal.91. https://doi.org/10.5281/zenodo.2532119
Lubis, H. Z. (2019). Pengaruh Modernisasi Administrasi Perpajakan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Dalam Pelaporan SPT (Studi Empiris Pada KPP PRATAMA Medan Petisah). Jurnal Prosiding Frima, 2(1), 65–73.
Riadita, F. A., & Saryadi. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, Dan Pengetahuan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(1), 105–113.
Saragih, F., & Hafsah. (2017). Analisis Persepsi Pelaku Usaha Kecil Dan Menengah Tentang Penerapan Akuntansi ( Studi Kasus Ukm Grosir Bahan Pokok Di Medan Marelan. Jurnal Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, 8, 1–14.
Savitri, Saipudin (2018). Pencatatan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil dan MenengahStudi PadaUMKM MR.Pelangi Semarang). Jurnal Manajemen Bisnis dan Inovasi. Vol.5, No.2: 117-125.
Sinambela, E., Sanjaya, S., & Irsan, M. (2021). Sosialisasi Perpajakan UMKM dan Pelatihan Pembukuan Usaha Pada Pelaku UMKM di Desa Amplas Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional …, 2(1), 1096–1103. http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/snk/article/view/8443
Supadmi. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Pajak , Sanksi Perpajakan dan Biaya Kepatuhan Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak UMKM. Program Akuntansi Pajak Program Studi Akuntansi Universitas Kristen Petra ABSTRAK, 1, 18–26.
Triatmoko, H., Juliati, J., Suranta, S., Wulandari, T. R., & Zoraifi, R. (2021). Persepsi Wajib Pajak UMKM Terhadap Kewajiban Perpajakan (Studi Pada UMKM di Eks Karisidenan Surakarta). Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 21(02), 548–553. https://doi.org/10.29040/jap.v21i02.1537
Refbacks
- There are currently no refbacks.