PENGARUH MINAT BELAJAR, MOTIVASI BELAJAR, DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI KEUANGAN DI SMK NEGERI 46 JAKARTA

Siti Nur Hidayah, Sri Zulaihati, Ati Sumiati

Abstract


Penelitian ini bertjuan untuk menguji tentang pengaruh minat belajar, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional terhadap  prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan di smk negeri 46 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan  adalah metode kuantitatif deskriptif dengan menggunakan data primer. Teknik pengumpulan datanya menggunakan  kuesioner/angket. Pendekatan pada penelitisn ini dengan pendekatan simple random sampling. Jumlah sampel sebanyak  105 orang dari 144 orang (populasi). Hasil uji persyaratan analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan  memiliki hubungan yang liniear. Berdasarkan uji parsial (uji t) dapat disimpulkan bahwa minat belajar, motivasi belajar,  dan kecerdasan emosional memiliki pengaruh positif yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar. Sedangkan uji  koefisien determinasi dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel minat belajar, variabel motivasi belajar, dan kecerdasan  emosional secara bersama – sama memiliki persentase kontribusi sebesar 36% terhadap variabel prestasi belajar.  Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah minat belajar, motivasi belajar, dan kecerdasan emosional  berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di sekolah.


Full Text:

PDF

References


Referensi Buku

Djaali. (2018). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Djali. (2009). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Goleman, D. (2009). Kecerdasan Emosional, Mengapa EQ lebih penting daripada IQ. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Goleman, D. (2018). Kecerdasan Emosional. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Haling, A. (2007). Belajar dan Pembelajaran. Makasar: Badan Penerbit UNM.

Hamalik, O. (2010). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamalik, O. (2017). Psikologi Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Haryati, S. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berbasis Cooperative Learning. Magelang: Graha Cendekia. Helmawati. (2018). Mendidik Anak Berprestasi Melalui 10 Kecerdasan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Murtafiah. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional , Pola Asuh Orangtua , dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Parepare. 2(2), 86–100. https://doi.org/10.100.4521/jpak.2378

Ngalim, P. (2014). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalim, P. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman, A. M. (2018). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT. Raja Grafindo Persada. Sukmadinata, N. S. (2011). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya. Sukmadinata, N. S. (2016). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi: Haura Publishing.

emaluru, Y., & Unaradjan, D. D. (2019). Pengembangan Kemampuan Personal. Jakarta: Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

Toharudin. (2020). Buku Ajar Manajemen Kelas. Klaten: Lakeisha.

Wena, M. (2018). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer : Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana. Yusuf, S. (2018). Kesehatan Mental. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Referensi Publikasi Ilmiah

Hidi, S., Renninger, K. A., & Krapp, A. (2004). Interest, a motivational variable that combines affective and cognitive functioning. In D. Yun Dai, & R. J. Sternberg (Eds.), Motivation, emotion, and cognition: Integrative persepectives on intellectual functioning and development. Mahwah: Lawrence Erlbaum Associates.

Ike, Y., Jaenudin, R., & Barlian, I. (2016). BELAJAR AKUNTANSI KEUANGAN SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 5 PALEMBANG TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. 139–148. https://doi.org/10.36706/jp.v3i2.5565

Irawan, H. (2016). Pengaruh Motivasi, Minat Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Semester VI di Akademi Keperawatan Dharma Husada. 80–89. https://doi.org/10.32831/jjk.v4i2.94

Johnson, T. G., Prusak, K. A., & Pennington, T. (2011). The effects of the type of skill test, choice, and gender on the situational motivation of physical education students. Journal of Teaching in Physical Education, 30(3), 281–295. Belajar Siswa Kelas XII IIS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Mojosari. 6(3), 362–366. https://doi.org/10.26740/jupe.v6n3.p%25p

Singh, K. (2011). Study of Achievement Motivation in Relation to Academic Achievement of Students. International Journal of Educational Planning & Administration, 1(2), 161–171.

Siregar, N. C., & Marsigit. (2015). Pengaruh Pendekatan Discovery Yang Menekankan Aspek Analogi Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Belajar, Kecerdasan Emosional Spiritual. 2(November), 224–234. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7336


Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ