Peran Trustworthiness, Attractiveness, Expertise Pada Minat Beli (Studi Kasus Pada Pengguna Media Sosial Instagram)
Abstract
Berkembangnya teknologi telah mempengaruhi kehidupan manusia dalam banyak hal, beberapa kemudahan yang ditawarkan teknologi antara lain kecepatan dan kemudahan dalam memberikan informasi yang dibutuhkan, oleh karena itu banyak bisnis yang memanfaatkan kelebihan teknologi tersebut, persaingan bisnis online pun tidak dapat dihindari lagi, pebisnis berlomba-lomba untuk melakukan inoovasi dan strategi yang jitu dalam memasarkan produk atau jasanya, salah satu caranya adalah dengan memanfaatkan media sosial(medsos), karena masyarakat sudah sangat dekat dan tidak asing lagi dengan penggunaan medsos, saat ini medsos yang paling popular dan diminati adalah Instagram melalui dukungan selebriti (celebrity endorsement) aplikasi ini sangat banyak membantu pemasaran usaha-usaha yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh dimensi pada celebrity endorsement yaitu trustworthiness attractiveness, dan expertise terhadap minat beli konsumen. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang, diambil dengan menggunakan teknik non random sampling yaitu purposive sampling dimana hanya responden yang memenuhi syarat yang ditentukanlah yang dapat menjadi responden. Hipotesis dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan metode statistik yaitu regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS. Penelitian ini menemukan bahwa dari empat hipotesis yang diajukan, hanya satu hipotesis yang tidak terdukung yaitu attractiveness, hal ini berarti ditemukaan dalam penelitian ini bahwa minat beli konsumen tidak dipengaruhi oleh menarik atau tidaknya seorang selebriti.
Full Text:
PDFReferences
Gay, L.R. & Diehl, P. L. (1992). Research Methods for Business and Management New York: MacMillan Publishing Company. New York: MacMillan Publishing Company.
Gupta, R., Kishore, N., & Verma, D. (2015). Celebrity Endorsements in Advertising: Impact on Consumers’ Perception, Attitude and Purchase Intention. Australian Journal of Business and Management Research New South Wales Research Centre Australia (NSWRCA).
Hardilawati, W. L., Binangkit, I. D., & Perdana, R. (2019). ENDORSEMENT: MEDIA PEMASARAN MASA KINI. JIM UPB (Jurnal Ilmiah Manajemen Universitas Putera Batam). https://doi.org/10.33884/jimupb.v7i1.920
Iman, M. (2020). Pengguna Instagram di Indonesia Didominasi Wanita dan Generasi Milenial. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/06/14/pengguna-instagram-di-indonesia-didominasi-wanita-dan-generasi-milenial
Mubarok, D. A. A. (2016). Pengaruh Celebrity Endorsement terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Indonesia Membangun.
Noviandra Krisjanti, W. (2006). Analisis Pengaruh Model Iklan terhadap Perilaku Pembelian Remaja (Kasus Bintang Akademi Fantasi Indosiar). Kinerja Journal of Business and Economics.
Nurani, E. S. & J. O. H. (2010). Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Association, Brand Personality dan Product Characteristics dalam Menciptakan Intensi Pembelian. Journal of Business Strategy and Execution.
Ohanian, R. (1991). The impact of celebrity spokespersons’ perceived image on consumers’ intention to purchase. Journal of Advertising Research.
Ohanian, Roobina. (1990). Construction and validation of a scale to measure celebrity endorsers’ perceived expertise, trustworthiness, and attractiveness. Journal of Advertising. https://doi.org/10.1080/00913367.1990.10673191
Osei-Frimpong, K., Donkor, G., & Owusu-Frimpong, N. (2019). The Impact of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention: An Emerging Market Perspective. Journal of Marketing Theory and Practice. https://doi.org/10.1080/10696679.2018.1534070
Putri, G. H., & Patria, B. (2018). Pengaruh Endorsement Selebriti Instagram terhadap Minat Beli Remaja Putri. Gadjah Mada Journal of Professional Psychology (GamaJPP). https://doi.org/10.22146/gamajpp.45347
Rahima, P. (2018). Pengaruh celebrity endorser di media sosial instagram dalam promosi produk hijab terhadap minat beli konsumen (Studi kasus pada akun instagram @wiriamaeazzahra). Manajemen, Akuntansi Dan Perbankkan.
Ramadhan, T. (2017). Media Insight dari 45 Juta Pengguna Aktif Instagram di Indonesia. https://www.marketeers.com/45-juta-orang-indonesia-punya-instagram/
Ridha, A., Perdana, A. H., & As’ad, A. (2018). CELEBRITY ENDORSER PADA JEJARING SOSIALINSTAGRAM UNTUK MENARIK MINAT PEMBELIAN CALON KONSUMEN. JURNAL ECONOMIC RESOURCE. https://doi.org/10.33096/jer.v1i1.61
Roshan, P. A. A., & Sudiksa, I. B. (2019). PERAN BRAND IMAGE MEMEDIASI PENGARUH CELEBRITY ENDORSER TERHADAP PURCHASE INTENTION. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2019.v08.i08.p17
Sampurno, N. V., Ciakrawinata, C. P., & Jokom, R. (2019). PENGARUH KARAKTERISTIK SELEBRITI ENDORSER TERHADAP MINAT BELI MELALUI KESADARAN MEREK HOTEL DI INSTAGRAM. Jurnal Manajemen Perhotelan. https://doi.org/10.9744/jmp.5.1.36-44
Savitri, N. (2017). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Iklan Melalui Media Televisi Terhadap Minat Beli Pada Tokopedia Di Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana.
ul Hassan, S. R., & Jamil, R. A. (2014). Influence of Celebrity Endorsement on Consumer Purchase Intention for Existing Products: A Comparative Study. In Journal of Management Info.
Shimp. 2013. Integrated marketing edisi 9. Library of Congress Control Number: 2012945620 ISBN-13: 978-1-111-58021-6 ISBN-10: 1-111-58021-9.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.
Schiffman, Leon.G. dan Leslie Lazar Kanuk. 2006. Perilaku Konsumen. Edisi Ke-7. Diterjemahkan oleh Zoelkifli Kasip. PT. Indeks, Jakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.