Faktor-Faktor yang Memengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada BMT di Daerah Istimewa Yogyakarta

Girindra Prawita Devi, Emile Satia Darma

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji dan menemukan bukti empiris faktor-faktor yang memengaruhi kinerja sistem informasi akuntansi, yaitu dukungan manajemen puncak, pelatihan pemakai sistem, formalisasi pengembangan sistem, ukuran organisasi, serta keterlibatan pemakai dalam pengembangan sistem. Dari faktor tersebut akan melihat pada seberapa jauh sistem informasi akuntansi yang diterapkan pada obyek yang diteliti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive sampling. Kriteria dalam penelitian ini ialah karyawan BMT yang berada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta, yang rutinitas operasionalnya dengan menggunakan komputer. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 74 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Hasil pengujian dalam penelitian ini menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi dalam kinerja sistem informasi akuntansi adalah ukuran organisasi.

Full Text:

PDF

References

Almilia, L. S., & Briliantien, I. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Umum Pemerintah di Wilayah Surabaya dan Sidoarjo. e-Journal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Antari, K. R. W., Diatmika, I. P. G., & Adiputra, I. M. P. (2015). Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat di Kabupaten Buleleng e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1, 3.

Dalimunthe, R. W., Agusti, R., & Fitrious, R. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Perusahaan Perhotelan yang ada di Riau dan Sumatera Barat. e-Jurnal Jom Fekon Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 1.

Gustiyan, H. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) di Tanjungpinang. e-Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang.

Hendra, D., Setiawanta, Y., & Septriana, I. (2013). Analisis Pengaruh Keterlibatan Pemakai dalam Pengembangan Sistem Informasi, Dukungan Manajemen Puncak, dan Formalisasi Pengembangan Sistem Informasi terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada PT Bank Jateng Cabang Ungaran. e-Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Imana, B. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurusan Akuntansi Universitas Maritim Raja Ali Tanjungpinang.

Khaidir, & Susanti, N. (2015). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Bengkulu. Ekombis Review, 137-147.

Marfuah, & Handoko, A. (2013). Determinan Kinerja Sistem Informasi Akuntansi : Studi Empiris pada Bank Syariah di Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ekonomi dan Keuangan Islam, 2, 52-63.

Prabowo, R. R. (2013). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi di Bank Umum Kota Surakarta. Jurnal Penelitian 2, 119-130.

Prabowo, G. R., Mahmud, A., & Murtini, H. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada Lingkungan Pemerintah Kabupaten Temanggung). Accounting Analysis Journal 3 (1).

Rivaningrum, A. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Rumah Sakit Saras Husada Purworejo. Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang.

Rusdi, D., & Megawati, N. (2014). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Sistem Informasi Akuntansi (SIA). e-Journal Akuntansi Unissula, 49.

Septianingrum, P. A. (2014). Pengaruh Dukungan Top Management, Kemampuan Pengguna, serta Adanya Pelatihan dan Pendidikan Pengguna terhadap Kinerja Sistem Informasi Akuntansi (Studi Kasus pada BPJS Ketenagakerjaan Semarang dan D.I. Yogyakarta). Skripsi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Suryawarman, A. A. N. K., & Widhiyani, N. L. S. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Restoran Waralaba Asing di Kota Denpasar. e-Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Udayana.

Utama, I. D. G. B., & Suardikha, I. M. S. (2014). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Lembaga Perkreditan Desa. e-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana 9.3, 728-746.

Yunita, N. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada Minimarket di Wilayah Jakarta. Jurnal Akuntansi, Universitas Gunadarma.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
Powered by Puskom-UMJ