Analisis Pemasaran Beras di Desa Cinta Rakyat Kabupaten Deli Serdang
Abstract
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode studi kasus. Penelitian Bertujuan untuk 1).Mengetahui bagaimana pola saluran pemasaran beras di lokasi penelitian. 2).Menganalisis tingkat efisiensi lembaga pemasaran beras di lokasi penelitian. Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dari empat saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama dari petani ke kilang padi, kemudian dari kilang kepada konsumen. Saluran pemasaran kedua dari petani kekilang padi lalu ke grosir kemudian ke konsumen. Saluran pemasaran ketiga dari petani kekilang padi lalu kepengecer kemudian kekonsumen. Saluran pemasaran keempat dari petani kekilang padi menjual beras ke grosir lalu menjual kepengecer dan pengecer menjual ke konsumen. 2). Nilaiefisiensisaluranpemasaran I sebesar 13,8% < 50%, Nilai efisiensi saluran pemasaran II sebsar 18,61% < 50%, Nilai efisiensi saluran pemasaran III sebsar 14,86 % < 50%. Nilai efisiensi saluran pemasaran IV sebsar 18,89% < 50% artinya saluran pemasaran I, II, III dan IV merupakan saluran pemasaran yang efisien.
Full Text:
PDFReferences
Ginting, P. 2006. Pemasaran Produk Pertanian. USU Press. Medan
Kuncoro, M. 2005. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Gelora Aksara Pratama
Porter, M. 1993. Strategi Bersaing: Teknik Menganalisis Industri dan Pesaing. Jakarta: Gelora Aksara Pratama.
Soekartawi. 2004. Prinsip dasar manajemen pemasaran hasil pertanian.Jakarta:Raja Grafindo persada.
Sudiyono, 2004. Pemasaran pertanian Universitas Muhammadiyah Malang.
Siregar, G., & Hermanto, W. (2016). Analisis Elastisitas Pendapatan Terhadap Konsumsi Pangan Non Beras (Studi Kasus: Karyawan Panen PT. Perkebunan Nusantara IV Unit Usaha Kebun Ajamu Kec. Panai Hulu Kab. Labuhan Batu, Sumatera Utara). KUMPULAN JURNAL DOSEN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SUMATERA UTARA, 1(01)
Refbacks
- There are currently no refbacks.