DAMPAK KETERLAMBATAN PEMBAYARAN KLAIM BPJS KESEHATAN TERHADAP MUTU PELAYANAN RUMAH SAKIT ISLAM JAKARTA SUKAPURA

Penulis

  • Devi Anyaprita Program Studi Magister kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Kemal N. Siregar Program Studi Magister kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Budi Hartono Program Studi Magister kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Muhammad Fachri Program Studi Magister kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Fajar Ariyanti Program Studi Magister kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.24853/mphj.v1i1.7021

Abstrak

Latar Belakang: Keterlambatan pembayaran klaim BPJS berdampak pada peningkatan beban biaya yang tinggi bagi rumah sakit yang akan mempengaruhi mutu pelayanan kesehatan yang diberikan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara mendalam keterlambatan pembayaran klaim BPJS Kesehatan dan bagaimana dampaknya terhadap mutu pelayanan RSIJ Sukapura.  Metode: Penelitian ini merupakan studi kualitatif dengan menggali informasi dari Kaur AdministrasiPasien, Ketua Casemix, Kaur Penagihan, Kaur Perbendaharaan, Kaur Farmasi, Kaur Laboratorium, Kaur Radiologi, Kepala Ruangan Rawat Jalan dan Rawat Inap, dan Dokter dengan menggunakan pedoman wawancara yang dikembangkan. Hasil: Pengajuan klaim BPJS Kesehatan di RSIJ Sukapura dipengaruhi berbagai faktor, yaitu pertama adalah pengumpulan berkas kelengkapan administrasi klaim di administrasi pasien, yang kedua adalah keterlambatan pada pengkodingan berkas klaim di unit casemix, dan ketiga pengumpulan serta pengiriman berkas klaim oleh unit penagihan. Keterlambatam pembayaran klaim BPJS kesehatan, berkisar antara 7 - 45 hari setelah jatuh tempo. Keterlambatan klaim mempengaruhi arus kas keuangan rumah sakit, akibatnya rumah sakit memprioritaskan pembayaran tagihan yang bersifat krusial dulu. Tampak bahwa kebijakan ini akan sangat mempengaruhi kualitas mutu layanan di RSIJ Sukapura. Kesimpulan: Keterlambatan pembayaran klaim berdampak pada kompetensi, efektifitas, efisiensi, keamanan dan kenyamanan pelayanan.  Saran: Perlu mengubah alur pengiriman berkas klaim BPJS Kesehatan, meningkatkan koordinasi dan komunikasi antar unit yang berhubungan dengan klaim BPJS Kesehatan, serta mengoptimalkan manajemen mutu pelayanan dan manajemen piutang rumah sakit. 

Referensi

Artanto, Antonius. Faktor-faktor Penyebab Klaim Tertunda BPJS Kesehatan RSUD

Dr. Kanujoso Djatiwibowo Periode Januari sampai dengan Maret 2016

Bustami. 2011. Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Penerbit Erlangga

Feriawati, Puri. 2015. Faktor-Faktor Keterlambatan Pengklaiman BPJS di Rumah Sakit Bhayangkara Semarang

Harnanti, Evi Alifia. Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim BPJS di Rumah Sakit UNS

Herlambang, Susantyo. 2018. Customer Service Rumah Sakit dan Jasa Kesehatan Cara Sukses Melayani Pelanggan di Dunia Kesehatan. Yogyakarta: Gosyen Publishing

Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional. Sekretariat Negara. Jakarta.

Lahdji, Aisyah dan Muhammad Riza Setiawan, Wijayanti Indah Purnamasari. 2015. Faktor Faktor yang Mempengaruhi Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien BPJS di Klinik Penyakit Dalam RSUD Sunan Kalijaga Demak. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.

Leonard, Devid. 2016. Pengorganisasian Klaim Pelayanan Pasien JKN di RSUP DR. M. Djamil Padang, Menara Ilmu

Nurdiah, R.S. & Iman, A.T. 2016. Analisis Penyebab Unclaimed Berkas BPJS Rawat Inap di RSUD DR Soekardjo Tasikmalaya, Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia

Pohan, Imbalo S. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-dasar Pengertian dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Pradani, Estri Aditya dan Dewi Lelono Wati, Sujianto. Keterlambatan Pengumpulan Berkas Verifikasi Klaim BPJS di Rumah Sakit X : Apa Akar Masalah dan Solusinya?

Setiawan, Budy. 2014. Tinjauan Penyebab Keterlambatan Klaim Jaminan kesehatan Nasional (JKN) Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Panti Waluyo Surakarta, Jurnal Rekam Medis

Sophia dan Ede Surya Darmawan. 2017. Analisis Keterlambatan Pengajuan Klaim kepada Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan pada Rumkital Dr. Mintohardjo, DKI Jakarta. Program Studi Magister Kajian Administrasi Rumah Sakit, Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Indonesia

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-18

Terbitan

Bagian

Articles