Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar

Pujiastuti Pujiastuti, Ayuhan Ayuhan

Abstract


This  research  was  motivated  by  curiosity  what  is  the  role  of  parents  when accompanying  children  to  do  chores  at  home  during  the  pandemic.  This study  aims  to  determine  (1)  the  role  of  parents  in  online  learning  at  SDN Kembangan Utara 09 Pagi Jakarta Barat, (2) Efforts by parents in increasing the seriousness of students in online learning at SDN Kembangan Utara 09 Pagi  Jakarta  Barat  and  (3)  the  obstacles  faced  faced  by  parents  in  online learning at SDN Kembangan Utara 09 Pagi, Jakarta Barat. The methodology of  this  research  is  qualitative.  The  subjects  in  this  study  were  parents  and homeroom teachers for grade II at SDN Kembangan Utara 09 Pagi, Jakarta Barat.  Data  collection  was  taken  through  interviews,  observation, documentation.  The  author  acts  as  a  direct  interviewer  to  collect  data through parents and second grade homeroom teachers. The results showed that (1) The role of parents in online learning at SDN Kembangan Utara 09 Pagi Jakarta Barat is to have three roles at once, namely the role of parents, breadwinners and teachers at home (2) The efforts of parents in increasing the seriousness of students in online learning at SDN Kembangan Utara 09 Pagi  Jakarta  Barat  is  to  provide  motivation,  guidance  and  assistance  (3) Obstacles faced by parents in online learning at SDN Kembangan Utara 09 Pagi  Jakarta  Barat  are  limited  infrastructure  facilities,  such  as  mobile phones, motivation, internet quota and time. 

Keywords : Parents, Online Learning and Motivation  


Full Text:

PDF

References


Adi Prastowo, Adi. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ahmad, Susanto. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar Jakarta: Prenadamedia Group, 2013

Al Aliyy. 2007. Al-Quran dan Terjemahannya. Bandung: CV Diponegoro.

Aldiyah, Evy. Perubahan Gaya Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Cendekia 1. No. 1. 2021

Arikunto, Suharsimi. 1998. Prosedur Penelitian: SUatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Astita, Wida. 2016. Peran Orang Tua Dalam Mendidik Akhlak Anak Di Desa Bangun Jaya Kecamatan Sungkai Utara Lampung Utara. Lampung Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Raden Intan.

Ayuhan, Konsep Pendidikan Anak Salih dalam Perspektif Islam.(Yogyakarta: Deepublish. 2016)

Azizah, Nur. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Anak Sekolah Dasardi Masa Pandemic Covid-19 lmu Pendidikan 18. No. 1. 2020.

Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif Teknologi Pendidikan. 10(1)

Cahana, Nana. 2020. Pembelajaran Daring dan Peran Ganda Orang tua. Kompasiana.

Cahyati, Nika. 2020. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1).

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemic Covid-19. Jurnal Golden Age.

Chalim, Saifuddin dkk. 2018.Peran Orang tua dan Guru dalam Membangun Internet sebagai Sumber Pembelajaran (The Role of Parents and Teachers in Building the Internet as a Source of Learning). Jurnal Penyuluhan, 14(1).

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Dewi, Shinta Kurnia. 2011. Efektivitas E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Mata Pelajaran TIK Kelas XI di SMA Negeri 1 Depok. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Teknik Informatika Universitas Negeri Yogyakarta.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1).

Ditjen GTK. (2016) Petunjuk Teknis Program Peningkatan Guru Pembelajar Moda Dalam Jaring ( Daring).

Drajat, Zakia Dkk. 1996. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Gunawan, Imam. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Ed.1, Cet.2. Jakarta: Bumi Aksara

Hadi, Abdul. 2016. Nilai-Nilai Pendidikan Keluarga dalam UU N0 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan anak. Jakarta: An-Nisa

Heriyani. 2010. Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV MI Ma‟arif Banjarparakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Purwokerto: Jurusan Pendidikan Agama Islam STAIN Purwokerto. Imron, Ali. 2016. Pendidikan Kepribadian Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan. Jurnal Edukasia Islamika, I(1).

Khairani, Wardina. 2019. Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.

Kuntarto, Eko. 2017. Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1).

Literature, 3(1).

Kusniyah & Hakim,L . (2019). Efektifitas Pembelajaran Berbasis Daring:

Lutfiah, S., Z. (2020). Persepsi Orang Tua Mengenai Pembelajaran Online Di Rumah Selama Pandemic Covid-19. Jurnal Dealektik. Vol. 2 (2) 2655-8491.

Mahnun, Nunu. 2018. Implementasi Pembelajaran Online dan Optimalisasi Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Online di Perguruan Tinggi Islam Dalam Mewujudkan World Class University. IJIEM: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan, 1(1).

Martsiswati, Ernie dkk. 2014. Peran Orang Tua Dan Pendidik Dalam Menerapkan Perilaku Disiplin Terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet.31. Bandung: Rosdakarya

----------------------. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosdakarya.

Murnir. MULTIMEDIA. Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta,CV,2012

Murnir. MULTIMEDIA. Konsep Dan Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta,CV,2012

Muthmainnah. 2012. Peran Orang Tua dalam Menumbuhkan Pribadi Anak yang Androgynius Melalui Kegiatan Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 1(1).

Ni'mah. 2016. Peranan Orang Tua Dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu Di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: Jurusan Pendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orang tua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. Jurnal Potensia PG-PAUD FKIP UNIB, 2(1).

Prasetyo, Fajar Ahmad Dwi. 2018. Pendampingan Orang Tua dalam Proses Belajar Anak (Studi Deskriptif Tentang Tingkat Optimalisasi Pendampingan Orang tua dalam Proses Belajar Anak menurut Persepsi Siswa Kelas X SMK N 1 Nanggulan Tahun Ajaran 2017/2018). Yogyakarta: Jurusan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma.

Rahmayani, Ayu. 2019. Pengaruh Intensitas Komunikasi Terbuka Orang Tua Dengan Anak Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 02 Brebes. Semarang: Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Walisongo Semarang.

Sari, Pusvyta. 2015. Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, VI(2).

Sofyana, Latjuba dkk. 2019. Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas PGRI Madiun. Jurnal Nasional Pendidik, 8(1).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Cet.8. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT Rosdakarya.

Tanzeh, Ahmad. 2009. Pengantar Metode Penelitian. Cet.1 Yogyakarta: Teras

Tim Kemenristekdikti. 2017. Buku Panduan Pengisian Survei Pembelajaran dalam Jaringan. Jakarta.

Tri Hadayani, 2020. Peran Orang Tua Dalam Membimbing Anak Pada Pembelajaran Daring Di Desa Ngrapah Kecamatan Banyubiru Jurusan Pendidikan Agama Islam

Undang-undang Republik Indonesia No 1 Tahun 1974.

Undang-undang Republik Indonesia No 20 Tahun 2003.

Undang-undang Republik Indonesia No 35 Tahun 2014.

Valeza, Alsi Rizka. 2017. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Prestasi Anak di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung. Lampung: Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam UIN Raden Intan Lampung.

Wardhani,T., Z & Hetty, Y. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 7 (1), 48-59.

Widayati, Tri. 2018. Peran Orang Tua dalam Mendidik Anak Perempuan Perspektif Pendidikan Islam. Lampung Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Raden Intan Lampung.

Yazdi, Mohammad. 2012. E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1).

Hasil Wawancara dengan Wali Kelas

Hasil Wawancara dengan Kepala Sekolah

Hasil Wawancara dengan Wali Murid.




DOI: https://doi.org/10.24853/ma.5.2.173-190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pujiastuti Pujiastuti, Ayuhan Ayuhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.



Copyright © 2019 by Faculty of Islamic Studies, University of Muhammadiyah Jakarta.

width="127"   width="100" width="100" width="100" width="100"Road

Powered by Puskom-UMJ