ANALISIS TOKOH UTAMA PADA NASKAH DRAMA BAPAK KARYA BAMBANG SOELARTO DENGAN PENDEKATAN ESKPRESIF

Dedi Mursadi, Ratna Dewi Kartikasari

Abstract


Dalam penelitian ini, tokoh sentral dalam drama Bambang Soelarto "Bapak" akan dikaji dengan mempertimbangkan konsep penulis dan ekspresi itu sendiri. Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang penulis atau penulis akan mengekspresikan semua pemikirannya sebagai bentuk imajinasi dalam sebuah karya sastra. Jadi dalam hal ini tentu mempengaruhi unsur-unsur yang akan membangun cerita. Karakter utama sebuah karya sastra, terutama dalam naskah drama, menjadi contoh. Karakter dalam naskah drama merupakan salah satu elemen pendorong dalam sebuah cerita. Tokoh utama lakon Bambang Soelarto "Bapak" penting untuk dikaji dan dianalisis dalam skenario lakon tersebut. Penelitian ini menggunakan metodologi ekspresif. Pendekatan ekspresif adalah pendekatan yang melihat bagaimana tindakan dan perasaan penulis diekspresikan. Protagonis dari drama berjudul "Bapak" adalah sosok ayah. Karakter ayah, yang memiliki peran terbesar dalam plot drama, sangat sesuai dengan judulnya. Drama "Bapak" karya naskah Bambang Soelarto dikaji menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informasi yang digunakan dalam penelitian ini diambil dari kutipan yang muncul dalam dialog lakon Bambang Soelarto "Bapak." Informasi dikumpulkan dengan membacanya dengan cermat sebelum merekamnya. Menurut temuan pemeriksaan penelitian ini terhadap skenario karakter utama untuk drama "Bapak," itu diselesaikan dalam tiga langkah. Biografi penulis, yang ditulis oleh Bambang Soelarto, adalah yang pertama. Yang kedua adalah interpretasi tentang bagaimana drama dipahami melalui bagian-bagian penyusunnya. Ketiga, tinjauan psikologis dan psikiatris penulis berfungsi sebagai dasar penelitian.


Full Text:

PDF

References


Adiarini, Septyandary Sukma. (2017). Pendekatan Ekspresif Posisi Perempuan Dalam Drama

Waktu Perempuan Karya Royal Ikmal. Sumbawa: Penerbit Pelajar Bahasa.

Al Anshori, Ubai Dillah. (2017). Analisis Cerpen Lelaki Ragi Dan Perempuan Santan Karya

Damhuri Muhammad Dengan Pendekatan Ekspresif. Padang Panjang: Unimed.

Ariyani, Retno. (2020). Analisis Tokoh Naskah Drama “Bapak” Karya Bambang Soelarto.

Yogyakarta: Penerbit Repository.

Furqon, MA. (2013). Bab 3 Metode Penelitian. Surabaya: Digilib Uinsby.

Nandani, Rikha. (2015). Kajian Ekspresif Naskah Digugu dan Ditiru. Wordpress.

Rizki, Mira Asni. (2017). Analisis Drama Balon (Bakal Calon) Karya Suyadi San Dengan

Pendekatan Ekspresif. Medan: Repository UMSU.

Sugiarto, Sri. (2010). Pendekatan Ekspresif Dalam Apresiasi Sastra. Pelajar Bahasa.

Eryanti, W. N., Rahman, R., dan Permana, R. (2015). Analisis Struktur dan Nilai Moral dalam

Kumpulan Naskah Drama “Kalangkang Urang” Karya Arthur S. Nalan. Dangiang

Sunda.

Fitriana, Y. (2013). Struktur dan Simbol-Simbol dalam Teks Drama “Orang-Orang Kalah”

Karya Hang Kafrawi. Atavisme, 16(1), 109-118.

Hasanuddin W. S. (1996). Drama Karya dalam Dua Dimensi Kajian Teori, Sejarah dan

Analisis. Bandung: Angkasa.

Kemal, I. (2013). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Teks Drama Dengan

Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share. Metamorfosa.

Nurgiyantoro, B. (1995). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Semi, M. A. (1988). Anatomi Sastra. Padang: Angkasa Raya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ