ANALISIS KATA MAJEMUK PADA TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 KOTA TANGERANG SELATAN
Abstract
Penelitian yang berjudul Analisis Kata Majemuk Pada Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 16 Kota Tangerang Selatan ini bertujuan menganalisis penulisan kata majemuk dan unsur kata majemuk dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 16 kota Tangerang Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, serta penelitian yang dipilih adalah metode analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya unsur kata majemuk bebas dan unsur kata majemuk terikat dalam teks deskripsi yang dibuat oleh siswa kelas VII SMP Negeri 16 Kota Tangerang Selatan dari 37 data yang diambil terdapat 15 kata majemuk bebas dan 8 kata majemuk terikat, antara lain hijau tua, daripada, beasiswa, rumah tangga, dan masih banyak lagi. Kesimpulannya terdapat 8 teks deskripsi yang terdapat kata majemuk yaitu seperti kata hijau tua, daripada, beasiswa, rumah tangga, lemah lembut, tahi lalat, bola mata, matahari, sawomatang, rumah sakit, orang tua, terima kasih, bekerja keras, menuntut ilmu, silaturahmi, kuning langsat, dan kacamataReferences
Chaer, Abdul dan Leoni Agustina. (1995).
Sosiolinguistik: Perkenalan Awal.
Jakarta. Rineka Cipta.
Hudhana, W.D. (2020). Keterampilan
Menulis Ilmiah. Tangerang. Pusat
Bahasa Universitas Muhammadiyah
Tangerang.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung. Alfabetta CV.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung. Alfabetta CV.
Sulaeman, A. & Goziyah. (2019).
Metodologi Penelitian Bahasa Dan
Sastra. Jakarta Timur. Edu Pustaka.
Sukino. (2010). Menulis Itu Mudah
Panduan Praktis Menjadi Penulis
Handal. Yogyakarta. Yogyakarta
Pustaka Populer Lkis.
Agustina, E. (2016). Analisis Kata
Majemuk Bahasa Indonesia Dakam
Penerjemahan Bahasa Inggris. Jurnal
Lentera, Volume 1.
Silaban, R. (2017). Upaya Peningkatan
Kemampuan Menulis Kata
Sederhana Melalui Metode Latihan
Siswa Kelas 1 SDN 014 Pagaran
Tapah Darussalam. Jurnal
Pendidikan dan Pengajaran Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar FKIP Universitas Pendidikan
Riau, Volume 1, Nomor 1.