ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL PULANG KARYA TERE LIYE DAN KELAYAKANNYA SEBAGAI MATERI PEMBELAJARAN SASTRA DI SMK/SMA
Abstract
Penelitian ini mengkaji. tentang sebuah .karya sastra novel yang berjudul “Pulang” karya dari seorang penulis yang memiliki nama pena “Tere Liye”. Novel ini merupakan sebuah kisah tentang perjalanan pulang, melalui pertarungan demi pertarungan, untuk memeluk erat semua.kebencian dan rasa sakit demi mencapai.sebuah kedamaian. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah novel.Pulang karya Tere Liye. penelitian ini difokuskan pada permasalahan analisis nilai moral dan kelayakannya sebagai materi pembelajaran sastra di SMK. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh penulis dalam penelitian ini menggunakan teknik pustaka (library reseaech), simak, catat . Peneliti membaca novel, menganalisis, dan mencatat segala hal yang berhubungan dengan tujuan penelitian. Sumber data,yang digunakan berasal dari teks novel Pulang karya Tere. Liye setebal 400 halaman. Bertujuan untuk mengetahui nilai moral yang terkandung dalam novel Pulang karya Tere Liye dan kelayakkannya sebagai materi pembelajaran sastra di SMK. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) nilai-nilai moral yang terkandung dalam novel Pulang terdiri dari empat bagian, yaitu Nilai sosial, nilai .Akhlak, nilai etika, dan nilai susiala. Sebagai contoh. hubungan manusia dengan Tuhan: taat dan tawakkal; hubungan manusia dengan manusia: dermawan, tolong menolong, saling menghormati, dan pemberi nasihat; hubungan manusia dengan alam sekitar: memuji keindahan alam. (2) adapun kelayakannya terhadap materi pembelajaran sastra di SMK terdapat dalam konsep humanisai, liberasi dan transendensi. Konsep humanisasi terdapat dalam nilai moral tolong-menolong dan juga pemberi nasihat. Konsep liberasi terdapat dalam nilai moral taat, dan giat. Dan konsep transendensi terdapat dalam nilai moral tawakal dan taat.
Full Text:
PDFReferences
Rahmanto, Bernadus. 1996. Metode
Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.
Sanjaya, Wina. 2015. Kurikulum dan
Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Moh. Nazir. 2011. Metode Penelitian.
Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Ary Ginanjar. Agustian. 2012. Rahasia
sukses Membangun Kecerdasan. Emosi
dan Spiritual ESQ. Jakarta: Persada.
Cassady, Jerrel C & Johnson
Refbacks
- There are currently no refbacks.