ANCANGAN PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI WEBTOON

Lukluatul Maulidiyah, Badriyah Wulandari

Abstract


Kualitas alat yang digunakan dalam perencanaan pembelajaran menentukan kualitas pelaksanaan pembelajaran tersebut. Perencanaan yang baik dapat memandu pelaksanaan pembelajaran, sehingga pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Penelitian ini menggunakan aplikasi webtoon sebagai media penunjang dalam proses pembelajaran. Webtoon merupakan aplikasi komik yang dapat dibaca secara online. Penelitian ini bertujuan untuk membuat ancangan pembelajaran dengan menggunakan aplikasi webtoon dalam pelajaran menulis cerpen. Penelitian ini dilakukan agar proses pembelajaran dapat dilaksanakan secara inovatif dan kreatif, sehingga tidak membuat siswa merasa bosan dalam proses pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun tahapan dalam ancangan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan aplikasi webtoon adalah (1) melakukan observasi terhadap siswa mengenai pembelajaran menulis cerpen, (2) Melihat hasil belajar siswa sebelum menggunakan aplikasi webtoon, (3) Menerapkan aplikasi webtoon sebagai media dalam proses pembelajaran dengan cara guru meberikan satu judul hikayat yang ada dalam webtoon kemudian siswa menuliskan kembali kedalam bentuk cerpen, (4) melakukan penilaian, terhadap cerpen yang ditulis, (5) melakukan analisis data dari hasil pembelajran sebelum menerapkan aplikasi webtoon dan sesudah menrapkannya, dan (6) menyatakan efektif atau tidaknya aplikasi webtoon untuk dipakai sebagai media dalam proses pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Aini, I. N., & Nuryatin, A. (2019). Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Pengembangan Buku Komik Kebudayaan Sebagai Media Mengidentifikasi Nilai dan Isi Cerita Hikayat. Face Threatening Act of Different Ethnic Speakers in Communicative Events of School Context, 8(1), 104–115. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpbsi/article/view/24018

Korman, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Perencanaan Pembelajaran Guru Sma Negeri I Lembor Selatan Melalui Supervisi Akademik. EDUNET-The Journal of Humanities and …, 1(2), 24–35. http://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/je/article/view/1049%0Ahttps://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/je/article/download/1049/513

Laili, A. P., Sabhan, & Hermawan, S. (2020). Keterampilan Menulis Cerpen Berdasarkan Komik Webtoon Siswa Kelas Ix-D Mtsn 2 Kota Banjarmasin. Locana, 3(1), 10–21. https://doi.org/10.20527/jtam.v3i1.33

Lestari, P. P. (2015). Pengembangan Model Dan Rancangan Pembelajaran Pembelajaran Sebagai Sumber Belajar Dalam Pendidikan Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Call of Paper : Pluralisme Dalam Ekonomi Dan Pendidikan, 98–111.

Meisya. (2021). Analisis Ekranisasi Webtoon “Terlalu Tampan” Ke Dalam Film Layar Lebar “Terlalu Tampan” Berdasarkan Unsur Naratif Dan Visual. 1–17.

Nuraini. (2019). Penggunaan media webtoon dalam pembelajaran menulis naskah drama siswa kelas viii-4 smp pgri 1 ciputat tangerang selatan tahun pelajaran 2018/2019.

Nuratika, A. S. (2018). Pengaruh Penggunaan Webtoon Terhadap Keterampilan Menulis Pantun. Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1.

Nurlaila. (2018). Urgensi Perencanaan Pembelajaran dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jurnal Ilmiah Sustainable, 1(1), 93–112. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus/article/view/900

Purwanti, Gi. E. (2016). Pembelajaran Menulis Teks Cerpen Berbasis Konflik Dengan Menggunakan Metode Mind Mapping Pada Siswa Kelas X Sman 5 Cimahi Tahun Pelajaran 2015/2016. 14–40.

Puspitasari, A. C. D. D. (2017). Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dengan Kemampuan Menulis Cerpen (Studi Korelasional pada Siswa SMA Negeri 39 Jakarta). SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(3), 249–258. https://doi.org/10.30998/sap.v1i3.1180


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ