IMPLEMENTASI KARYA SASTRA DALAM PENDIDIKAN KARAKTER SEBAGAI PEMBELAJARAN KOGNITIF

Indah Nur Amalia, Dea Octaviani

Abstract


Sastra adalah sebuah hasil karya seni yang dibuat oleh pengarang dengan berdasarkan sebuah hasil pikiran, ide, gagasan, atau sebuah pengalaman pengarang itu sendiri, lalu dibuat menjadi sebuah karya seni yang bernamakan sastra. Sastra merupakan hal personal yang dimiliki tiap individu dan bersifat bebas, tapi bebas yang dimaksud bukan berarti setiap tulisan adalah sastra. Bukan hanya orang dewasa yang membutuhkan sastra dalam bidang pendidikan dan bidang lainnya. Sama halnya dengan orang dewasa anak-anak juga membutuhkan karya sastra di dalam tumbuh kembangnya. Salah satunya pada tumbuh kembang kognitif anak. Karya sastra yang memang dibuat untuk anak, disebut sastra anak. Karya sastra pun ada hubungannya dengan perkembangan karakter anak. Dalam penelitian ini, ditemukan beberapa hubungan karya sastra dengan perkembangan karakter anak, sebagai berikut: (1) karya sastra sebagai bahan hiburan anak; (2) karya sastra sebagai pembentuk karakter anak; (3) karya sastra sebagai membentuk emosi anak; (4) karya sastra sebagai perkembangan kognitif anak.

Full Text:

PDF

References


Aini, Indrie Noor, Nita Hidayati. 2017.

Tahap Perkembangan Kognitif

Matematika Siswa Smp Kelas Vii

Berdasarkan Teori Piaget

Ditinjau Dari Perbedaan Jenis

Kelamin. Jurnal Penelitian dan

Pembelajaran Matematika,

Volume 10 Nomor 2.

Al-Ma’ruf, Ali Imron, Farida Nugrahani.

Pengkajian Sastra: Teori

dan Aplikasi. Surakarta: CV

Djiwa Amarta Press.

Damayanti, Deni. 2014. Panduan

Implementasi Pendidikan

Karakter Di Sekolah.

Yogyakarta: Araska.

Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra.

Karanganyar: CV Al Chalief.

Kanzunnudin, M. 2011. Bahasa Indonesia

untuk Perguruan Tinggi.

Rembang: Yayasan Adhigama.

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Sastra Anak:

Pengantar Pemahaman Dunia

Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Nuryani, Rina. Khaerunnisa. 2018. Bahasa

Indonesia untuk Perguruan

Tinggi. Karanganyar: CV Al

Chalief.

Mustari, M. 2011. Nilai Karakter.

Yogyakarta: Laksbang Pressindo.

Wulandari, R. A. 2015. Sastra dalam

Pembentukan Karakter Siswa.

Jurnal Edukasi Kultura, No.2

Vol.2 2015.

Teeuw, A. 2013. Sastra dan Ilmu Sastra

Pengantar Teori Sastra. Bandung:

PT. Dunia Pustaka Jaya.

Wellek, Rene dan Austin Warren. 2014.

Teori Kesusastraan. Jakarta: PT

Gramedia Pustaka Umum


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ