PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL THE AMAZING FAMILY KARYA NAJLA NURDIANY PUTRI

Selly Namatilara, Khaerunnisa Khaerunnisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis pendidikan karakter dalam novel The Amazing Family Karya Najla Nurdiany Putri. Penelitian pendidikan karakter pada novel ini bertujuan agar pembaca tahu nilai pendidikan karakter pada novel ini dan memahami isi novel ini. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Novel ini menceritakan tentang seorang anak yang mengalami bully di sekolah tetapi ada keluarganya selalu mendukungnya karena memiliki keluarga yang penyayang. Pendidikan karakter merupakan  hal yang penting terutama untuk perkembangan seorang anak dan membentuk karakter anak. Agar anak-anak memiliki pendidikan karakter yang baik maka novel yang dibaca seorang anak pun harus memiliki nilai positif, salah satunya novel The Amazing Family. Nilai-nilai positif yang terkandung dalam novel ini sangat baik untuk pertumbuhan pendidikan karakter seorang anak. Pendidikan karakter sendiri merupakan hal yang harus diperhatikan dan buku yang dibaca seorang anak pun harus diperhatikan nilai-nilai positif yang bisa didapatkan pada buku yang dibaca. Pada penelitian ini peneliti menganalisis pendidikan karakter yang terdapat pada novel The Amazing Family karena novel ini bisa menambah wawasan pada siapapun yang membacanya. Diharapkan penelitian ini juga bisa menjadi referensi bacaan untuk anak-anak dan para orangtua yang ingin memberikan bahan bacaan. Peneliti memilih novel The Amazing Family karena ceritanya yang cocok untuk dibaca anak.


Full Text:

PDF

References


Samani, M & Hariyanto.(2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rahmawati, I. Y. (2017). Media Pembelajaran Komik Sebagai Inovasi dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Berbasis Nilai Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan III “ Pendidikan Karakter di Era Teknologi Informasi dalam Bingkai Multikultural. ISSN. 2460-0318. Prodi. Pendidikan Pancasila dan kewarganegaraan. Fakultas dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhamadiyah Ponorogo.

Yanda, D. P. (2016). Konflik Batin Tokoh Zahrana Karya Habiburrahman Elshirazy. Jurnal Gramatika, 1(1), 1–12.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta

Khoiriyah. (2016). Pendidikan Karakter Pada Anak Usia Dini melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Kajian Teori dan Praktik Pendidikan Anak Usia Dini. Volume 2 Nomor 1 Juni 2016. Halaman 39-45. Universitas Negeri Malang untuk buku

Putri, Najla Nudiany. 2019. Kecil-kecil Punya Karya: The Amazing Family. Bandung: DAR! Mizan

Kemendiknas. (2010). Bahan Pelatihan : Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas

Yulianto, A. (2018). Pendekatan Saintifik Untuk Mengembangkan Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Di SD.

Rahayu, R. (2016). Peningkatan Karakter Tanggung Jawab Siswa Sd Melalui Penilaian Produk Pada Pembelajaran Mind Mapping. Jurnal Konseling GUSJIGANG Vol. 2 No.1, Janurai-Juni 2016

Nurjanah, S. (2017). Penanaman karakter kerja keras dan menghargai prestasi pada siswa. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013.Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ