PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK MEMBANGUN MAJAS DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI AKUN “CATATAN KHOIRUL TRIANN”

M. Faridh Wazdy, Hindun Hindun

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa dengan menitikberatkan pada majas yang dibangunnya. 2) Mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan Google Form pada pembelajaran jarak jauh, di era pandemi. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik dokumentasi berupa pengumpulan data, penggunaan Google Form, dan penilaian praktik menulis puisi dengan penekanan pada majas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menjadi terampil menulis puisi dengan membangun majas hiperbola, metafora, eufimisme, personifikasi, retorika, antitesis, paradoks dan repetisi.

Full Text:

PDF

References


Fleck, Bethany K.B. dkk, 2014.

YouTube in the

Classroom: Helpful Tips

and Student

Perceptions, The

Journal of Effective

Teaching, Vol. 14, No.3,

Marwati, dan Sulkifl. 2016.

Kemampuan Menulis Puisi

Siswa Kelas VIII SMP

Negeri Satu Atap 3

Langgikima Kabupaten

Konawe Utara. Jurnal

BahasaVol. 1, No. 1, Maret

Moleong, J Lexy. 2016.

Metodologi Penelitian

Kualitatif, Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Siddik, Mohammad. 2016. DasarDasar Menulis Dengan

Penerapannya, Malang:

Tunggal Mandiri Publishing.

Sugiyono. 2013. Metode

Penelitian Kuantitatif

Kualitatif dan R&D,

Bandung: Alfabeta.

Waluyo, J. Herman. 1987. Teori

dan Apresiasi Puisi, Jakarta:

Erlangga.

Wulandari, Ratih Amalia. dkk.

Majas dalam

Kumpulan Puisi dan

Pembelajarannya di

SMA. Juenal Kata

(Bahasa, Sastra dan

Pembelajarannya), Vol.

No.1 Januari 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ