PENGGUNAAN GOOGLE FORM UNTUK MEMBANGUN MAJAS DALAM KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI AKUN “CATATAN KHOIRUL TRIANN”
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan keterampilan menulis puisi siswa dengan menitikberatkan pada majas yang dibangunnya. 2) Mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan Google Form pada pembelajaran jarak jauh, di era pandemi. Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Teknik dokumentasi berupa pengumpulan data, penggunaan Google Form, dan penilaian praktik menulis puisi dengan penekanan pada majas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas siswa menjadi terampil menulis puisi dengan membangun majas hiperbola, metafora, eufimisme, personifikasi, retorika, antitesis, paradoks dan repetisi.Referensi
Fleck, Bethany K.B. dkk, 2014.
YouTube in the
Classroom: Helpful Tips
and Student
Perceptions, The
Journal of Effective
Teaching, Vol. 14, No.3,
Marwati, dan Sulkifl. 2016.
Kemampuan Menulis Puisi
Siswa Kelas VIII SMP
Negeri Satu Atap 3
Langgikima Kabupaten
Konawe Utara. Jurnal
BahasaVol. 1, No. 1, Maret
Moleong, J Lexy. 2016.
Metodologi Penelitian
Kualitatif, Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Siddik, Mohammad. 2016. DasarDasar Menulis Dengan
Penerapannya, Malang:
Tunggal Mandiri Publishing.
Sugiyono. 2013. Metode
Penelitian Kuantitatif
Kualitatif dan R&D,
Bandung: Alfabeta.
Waluyo, J. Herman. 1987. Teori
dan Apresiasi Puisi, Jakarta:
Erlangga.
Wulandari, Ratih Amalia. dkk.
Majas dalam
Kumpulan Puisi dan
Pembelajarannya di
SMA. Juenal Kata
(Bahasa, Sastra dan
Pembelajarannya), Vol.
No.1 Januari 2016.