Meningkatkan Kemampuan dalam Membaca Puisi pada SMP/MTs

Haisyah Haisyah, Yuliana Yuliana, Alfira Rara Sukma Mawarni

Abstract


Puisi merupakan salah satu bentuk karya sastra yang terdapat irama, rima, serta penyusunan bait dan baris yang memiliki bahasa terlihat indah bermakna.Dalam membaca puisi adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh siswa di tingkat SMP/MTs, namun banyak dari siswa yang tidak banyak menguasai saat pembacaan puisi.Oleh karena itu, diperlukan pemilihan strategi dalam pembelajaran puisi dengan meningkatkan kemampuan membaca puisi siswa. Strategi pembelajaran dalam penelitian ini adalah pembelajaran kontekstual berbantuan penggunaan musik sebagai sarana dalam meningkatkan kemampuan siswa membaca puisi. Musikalisasi merupakan sebuah gabungan apresiasi dari kesenian, musik, puisi dan pentassehingga menjadikan siswa lebih mudah mengapresiasikan dalam membaca puisi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kontekstual terhadap karya sastra puisi.Berdasarkan hasil penelitian, maka musikalilasi puisi merupakan salah satu strategi pembelajaran cukup menarik yang dapat mengasah kemampuan bakat siswa dalam membaca puisi.

Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Musikalisasi, Puisi

Full Text:

PDF

References


Chaer Abdul. 2007. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Devi, Wika Soviana. 2019. Teori Sastra. Jakarta: CV Al Chalief.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2014. Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Aziz, Fatkhul. 2013. Pengembangan Media Musikalisasi Puisi sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Puisi untuk Siswa Kelas IX SMP. Semarang [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Negeri Semarang.

Koapaha, Royke dkk. 2009. Musikalisasi Puisi Hatiku Selembar Daun. Jurnal Resital.Vol.10 No. 1. 14 April 2020.

Syarifudin, Muhamad dan Nursalim. 2019. Strategi Pembelajaran Sastra. Jurnal Pentas. Vol.5 No. 2. 13 April 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ