Korelasi antara Bahasa Indonesia yang Baik dan Benar dengan Qaulan Ma’rufa dan Qaulan Sadida dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia

Ikhsan Abdul Aziz, Deden Ahmad Supendi, Asep Firdaus

Abstract


Bahasa Indonesia menjadi ajang pemersatu bangsa di tengah banyaknya suku, budaya, dan bahasa dari setiap daerah yang menjadi suatu kekhasan tersendiri. Bahasa Indonesia mestinya digunakan secara baik dan benar sebagai bentuk patuh dan hormatnya terhadap kaidah dalam berbahasa. Bahasa indonesia yang baik artinya bahasa yang sesuai dengan pemahaman mitra tutur dan bahasa yang benar artinya bahasa yang sesuai dengan kaidah kebahasaan. Kedua istilah ini memiliki hubungan dengan suatu istilah dalam Alquran, yaitu qaulan ma’rufa dan qaulan sadida. Qaulan ma’rufa diartikan sebagai pertuturan yang baik dan qaulan sadida diartikan sebagai pertuturan yang benar. Pemaknaan dari keduanya ini sesuai dengan apa yang termaktub pada tafsir Alquran dan beberapa teori ahli bahasa. Memahami bagaimana makna dan wujud dari keempat istilah tersebut adalah tujuan dari penelitian ini. Sehingga dapat ditemukan bagaimana korelasinya. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Peneliti mengarahkan setiap pembahasan dengan  merujuk pada sumber kepustakaan yang valid. Sesuai dengan pembahasannya bahasa Indonesia yang baik memiliki hubungan dengan istilah qaulan ma’rufa dalam Alquran. Begitupun bahasa Indonesia yang benar dengan qaulan sadida. Ketika memahami hasil dari adanya korelasi antara bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan qaulan ma’rufa dan qaulan sadida, seorang pengajar bisa menerapkan atau menyampaikannya dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia. Hal ini merupakan bentuk kebaikan sebagai ciri dari seorang muslim yang tidak bisa terlepas dari Alquran dan hadis dalam setiap kehidupannya. Seorang pengajar tidak hanya menguasai materi yang akan disampaikan saja, melainkan juga harus memiliki wawasan dan pengetahuan lain yang menjadi ciri kewibawaan dan karakter dari pengajar tersebut untuk ditauladani oleh peserta didiknya di sekolah.

 

Kata kunci: Korelasi, Bahasa, Alquran, Pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Alquran Al-karim.

Alwi, dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka.

Arifin, E. Zaenal dan Tasai, A. Amran. 2010. Cermat Berhasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Akademika Pressindo.

Arikunto, Suharsimi. 2016. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Ashim, Muhammad dan Karimi, Izzudin (Penerjemah). 2016. Tafsir Muyassar 1 (Memahami Alquran dengan Terjemahan dan Penafsiran Paling Mudah). Jakarta: Darul Haq.

Ashim, Muhammad dan Karimi, Izzudin (Penerjemah). 2016. Tafsir Muyassar 2 (Memahami Alquran dengan Terjemahan dan Penafsiran Paling Mudah). Jakarta: Darul Haq.

Ghoffar, M. Abdul (Penerjemah). 2017. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 1. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Ghoffar, M. Abdul (Penerjemah). 2017. Tafsir Ibnu Katsir Jilid 7. Jakarta: Pustaka Imam Asy-Syafi’i.

Kemendikbud. 2016. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa.

Muhtadi, dkk. (penerjemah). 2013. Tafsir Al Wasith 1 (Al Fatihaah-At taubah). Jakarta: Gema Insani.

Muhtadi, dkk. (penerjemah). 2013. Tafsir Al Wasith 3 (Al Qashash-An Naas). Jakarta: Gema Insani.

Muslich, Masnur. 2010. Garis-Garis Besar Tatabahasa Baku Bahasa Indonesia. Bandung: Refika Aditama.

Musthofa, dkk. (Penerjemah). 2017. Minhajul Muslim (Konsep Hidup Ideal dalam Islam). Jakarta: Darul Haq.

Sauri, Sofyan. 2006. Pendidikan Berbahasa Santun. Bandung: PT. Ganesindo.

Sri. 2012. Bahasa Indonesia dalam Berbagai Perspektif Dilengkapi dengan Teori, Aplikasi, dan Analisis Penggunaan Bahasa Indonesia Saat Ini. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Sofyan. (n.d.). Pendekatan Semantik Frase Qaulan Sadida, Ma’rufa, Baligha, Maysura, Layyina, dan Karima untuk Menemukan Konsep Tindak Tutur Qurani. 1(4), 53.

Sugiarti. (2016). Pembelajaran Bahasa dan Sastra di Sekolah. Makalah seminar nasional UMM.

UUD 1945 pasal 36 Tentang Bahasa Negara Indonesia.

UU RI No. 24 Tahun 2009 Tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ