Pemanfaatan Youtube sebagai Media Sosial dalam Pembelajaran Mata Kuliah Menulis Puisi

Lisdwiana Kurniati

Abstract


Pada masa sekarang ini kita telah berada di zaman modern yang ditandai dengan pesatnya perkembangan teknologi untuk memperoleh informasi. Salah satu yang menyebabkan hal ini bisa terjadi adalah new media. New media merupakan sebuah istilah yang menunjukkan bahwa pada era baru sekarang ini dalam berinteraksi menggunakan jaringan informasi atau komunikasi yang inovatif. Salah satu contoh dari new media tersebut adalah youtube. Penulis mencoba mengungkapkan perlu adanya pembaharuhan media ajar. Media ajar yang digunakan harus dekat dengan kehidupan sehari-hari peserta didik seperti media sosial khususnya Youtube. Diantara beragam media sosial, dapat dikatakan bahwa youtube-lah yang saat ini menjadi salah satu tujuan utama generasi milenial untuk mencari berbagai konten edukatif dalam bentuk video. Dalam konteks perkuliahan, youtube dapat dimanfaatkan sebagai salah satu media pembelajaran untuk pengajar atau dosen. Hal ini menjadikan youtube sebagai media pembelajaran menulis puisi yang merupakan upaya dosen dalam menciptakan suasana pembelajaran yang aktif, kreatif dan inovatif sehingga dapat menghasilkan pembelajaran yang berkualitas serta mencapai tujuan mata kuliah menulis puisi di perguruan tinggi.

Kata kunci: New media, media sosial, youtube, pembelajaran kreatif

 


Full Text:

PDF

References


Fujiawati, F. S. 2016. Pemahaman Konsep Kurikulum dan Pembelajaran dengan Peta Konsep Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni. FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Jurnal Pendidikan dan Kajian Seni Vol.1, No.1. April 2016

Kamhar, M. Y. dan Erma Lestari. 2019. Pemanfaat Sosial Media Youtube Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Volume 1 Nomor 2 Juni 2019

Nurhadi. 2017. Handbook of Writing (Panduan Lengkap Menulis). Jakarta: Bumi Aksara.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Edisi 2 Cetakan ke-5. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Samosir, F. T. dkk. 2018. Efektivitas Youtube Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa (Studi di Fakultas FISIP Universitas Bengkulu). Record and Library Journal, 4(2), 81-91.

Sungguh, As’ad. 2018. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan Pembentukan Istilah. Cetakan ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Tarigan, H. G. 2008. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ