Pengaruh Penggunaan Aplikasi Wattpad terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama

Nindya Wulansari, Aida Sumardi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam pelajaran bahasa Indonesia, terutama materi menulis naskah drama. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan aplikasi Wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama. Penelitian ini dilakukan di SMK Islamiyah Ciputat pada kelas XI AK1 dan kelas XI AP1 semester 2 tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menerapkan metode eksperimen. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 354 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperiment dengan post test only control desain. Hasil penelitian yang diperoleh menggunakan uji t yaitu thitung>0,05(>1,980). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan aplikasi wattpad terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMK Islamiyah Ciputat.

Kata kunci: media pembelajaran, wattpad, naskah drama


Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Julie Ann Dawn, dkk. 2015. The “WATTYFEVER” Contructs Of Wattpad Readers On Wattpads Role In Their Lives. Comunication research vol 2 no 1.

(https//www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://Ipulagana.edu.ph/wp-content/uploads/ Diakses Februari 2018)

Lueke, Thomas dkk. 2013. Disrupting the publishing value chain. ResearchGate.

(http//www. researchgate.net> publication> links. Diakses Desember 2017)

Milawati, Teti. 2011. Peningkatan Kemampuan Anak Dalam Memahami Drama Dan Menulis Teks Drama Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditori Visual Intelektual. SAVI. ISSN 1412-565X

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Vade, Aarthi. 2017. Amateur creativity: Contemporary Literature and the digital publishing scene. Volume 48 Number 1. PP 27-51.

(https//www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://dukespace/bitstream/Diakses februari 2018)

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Gabungan. Jakarta: Prenadamedia group.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ