Upaya Peningkatan Pola Pikir Masyarakat terhadap Pentingnya Kesetaraan Pendidikan di Indonesia

Novia Sherly, Hassyah Yudistin, Musfira Arisia Radhini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keinginan penulis untuk memberikan gambaran tentang pola pikir masyarakat yang minim tentang pendidikan yang ada di Indonesia. Pendidikan tidak mendapat banyak perhatian, khususnya dari masyarakat. Minimnya pola pikir orang tua dapat berpengaruh terhadap pentingnya Pendidikan yang dikhususkan untuk anak-anak mereka. Hal tersebut dapat menghambat berkembangnya Pendidikan di Indonesia. Oleh karena itu, sangat perlu untuk dilakukan straegi serta upaya untuk mengatasi hambatan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik studi kepustakaan mengenai kesetaraan pendidikan di Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dalam sistem pendidikan di Indonesia masih terdapat beberapa hambatan berupa ketersediaan tenaga pendidik, pola pikir masyarakat, dan ketidakadilan gender. Kemudian, ada strategi yang digunakan untuk mencapai kesetaraan pendidikan di Indonesia yaitu peningkatan jumlah anak, kebijakan wajib belajar, dan kemajuan di bidang teknologi. Selain itu, untuk dapat meningkatkan pola pikir masyarakat, hal yang perlu dilakukan adalah menyediakan pelatihan untuk tenaga pendidik, melakukan sosialisasi kepada masyarakat, dan mengadakan program kelompok belajar.

Kata kunci: pendidikan, pola pikir, kesetaraan


Full Text:

PDF

References


Amalia, Eka Rezeki. 2007. Kondisi Pemerataan Pendidikan di Indonesia. Makalah.

Badruzzaman. 2013. Perluasan dan Pemerataan Akses Pendidikan di Kabupaten Sorong. Jurnal Al-Qalam. 19(1): 49-50.

Mursidah. 2013. Pendidikan Berbasis Kesetaraan dan Keadilan Gender. Jurnal Muwazah. 5(2): 278-279.

Siswanto, Agus. 2017. Pelaksanaan Program Rintisan Wajib Belajar 12 Tahun Pada Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bantul. Jurnal Hanata Widya. 6(7): 55-56.

Widodo, Heri. 2015. Potret Pendidikan di Indonesia dan Kesiapannya dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asia. Jurnal Cendekia. 13(2): 296-297.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ