Masalah Seringnya Menggunakan Bahasa Jawa sehingga Penggunaan Bahasa Indonesia Jarang Dipakai di MTs 01 Purbalingga

Riana Ambarwati

Abstract


Penelitian yang dilakukan di MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga  agar mengetahui fungsi pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu kuantitatif yang berbasis masalah yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian. misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan, dan dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa, pada suatu konteks khusus yang alamiah dan dengan memanfaatkan berbagai metode alamiah. Hasil penelitian memberikan sebuah pembelajaran menggunakan bahasa resmi bahasa Indonesia yang ada di daerah Purbalingga bahwa Bahasa Indonesia belum sepenuhnya dipahami oleh peserta didik. Pengembangan kurikulum 2013 yang sudah diberlakukan pada setiap sekolah yang ada di Indonesia salah satunya yaitu pembelajaran keterampilan berbahasa yang sudah ada di kurikulum 2013 yaitu kemampuan untuk menyajikan pengetahuan berdasarkan pengetahuan serta penggunaan bahasa yang jelas, logis, dan sistematis. Seperti berbicara dan menulis. Sesuai dengan tujuan penelitian ini sesuai dengan pembelajaran bahasa Indonesia yaitu pengembangan penggunaan  bahasa indonesia pada peserta didik dan pengaruh penggunaan  berbahasa yang ada di lingkungan MTs Muhammadiyah 01 Purbalingga  yang akan menjadi hasil penelitian. Like talking

Kata kunci:  Penggunaan Berbahasa Indonesia, Berbicara Indonesia, MTs


Full Text:

PDF

References


Tarigan. (2006). Pendidikan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Pendidikn Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfebeta.

Tarigan. (2008). Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ