Penggunaan Media Padlet untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Deskripsi

Tathmainnul Qulub, Shifa Fauziyah Renhoat

Abstract


Di era digital mayoritas peserta didik di Indonesia sudah menggunakan alat teknologi berupa handphone dalam kehidupan sehari-harinya. Perkembangan teknologi digital yang semakin canggih di era ini memberikan tantangan tersendiri bagi pembelajaran Bahasa Indonesia untuk terus melakukan inovasi dan kreativitas pada pengembangan media pembelajaran. Akan tetapi setelah kita perhatikan di beberapa sekolah para guru masih belum menggunakan media pembelajaran yang menarik dan terkini. Sehingga siswa tidak bersemangat dan tidak memperhatikan pelajaran dengan baik. Akibatnya akan mempengaruhi rendahnya minat dan kemampuan mereka dalam belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang timbul selama pembelajaran menulis khususnya teks deskripsi di kelas VII SMP. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks deskripsi dengan menggunakan media Padlet. Media Padlet merupakan aplikasi daring gratis yang paling tepat diilustrasikan sebagai papan tulis daring. Jenis penelitian ini adalah library research atau studi pustaka. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah berupa data-data kepustakaan yang dipilih, dicari, disajikan, dan dianalisis.

Kata kunci: keterampilan menulis, padlet, teks deskripsi


Full Text:

PDF

References


Fajarika Ramadania. (2016). Konsep Bahasa Berbasis Teks Pada Buku Ajar Kurikulum 2013. Jurnal bahasa, sastra, dan pengajarannya. Vol.1. No.2.

Ibrahim M. (2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Universitas Surabaya.

Alwasilah, A. Chaedar. (2005). Pokoknya Menulis. Bandung: PT. Kiblat buku utama.

ISTE Standards. 2020. (https://www.iste.org/standards)

Ghesta Lestari dkk. (2019). Pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan Media Padlet di Madrasah Bilingual Batu. Jurnal UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Vol.4. No.6-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ