KRITIK SOSIAL PADA CERITA RAKYAT ACEH “SI RAJA PARKIT” KARYA NOVI KURNIA MELALUI PENDEKATAN SOSIOLOGI SASTRA

Angga Angga, Wika Soviana Devi

Abstract


Pada penelitian ini mengenai kritik sosial dalam cerita rakyat sebagai media sosiologi. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menjelaskan kritik sosial pada cerita rakyat Aceh “Si Raja Parkit” dengan mengunakan pendekatan sosiologi sastra. Dalam menggunakan metode kualitatif deskriptif pada cerita rakyat tersebut.

sebagai berikut : (1) kebijaksanaan, (2) kejahatan, (3) kecerdikan.


Full Text:

PDF

References


Andisiannisa, Uswah Elma. 2013. Kritik Sosial dan Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Negeri Para Bedebah Karya Tere Liye dengan menggunakan Pendekatan Sosiologi Sastra. Skripsi: Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Kristanto, M. (2014). Pemanfaatan Cerita Rakyat sebagai Penanaman Etika untuk Membentuk Pendidikan Karakter Bangsa. Mimbar Sekolah Dasar , 59.

Melasarianti, L. (2016). Membentuk Karakter Anak sesuai Prinsip Pancasila melalui Cerita Rakyat. Jurnal Ilmiah Lingua Idea , 4.

Nuralia, Lia dan lim Imadudin. 2009. Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara Terpopuler. Ruang Kata, Bandung.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumayana, Y. (2017). Pembelajaran Sastra di Sekolah Dasar Berbasis Kearifan Lokal (Cerita Rakyat). Mimbar Sekolah Dasar , 22.

Sambangsari, Sumbi. 2008. Kumpulan Cerita Rakyat Nusantara. Wahyumedia: Jakarta.

T, Dipo Udi, 2007. (Embun di Ujung Rumput) Kumpulan Peribahasa Indonesia. Kawan Pustaka: Jakarta.

Tim Optima Pictures. 2009. 101 Cerita Nusantara. Transmedia Pustaka: Jakarta.

Zulela. (2013). Pembelajaran Bahasa Indonesia: Apresisasi Sastra di Sekolah Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ