KAJIAN TINDAK TUTUR DIREKTIF GURU DI LINGKUNGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Winda Saputri

Abstract


Penelitian ini fokus pada bagaimana bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru di lingkungan SMP ISLAM AL-GHOZALI Gunung Sindur Kab.Bogor pada proses pembelajaran. penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur direktif guru di lingkungan SMP ISLAM ALGHOZALI. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah guru. Pengumpulan data dilakukan dengan Analisis dokumen dan wawancara, Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tindak tutur direktif pada guru di dalam kelas ditemukan dalam bertutur pada bentuk dan fungsi. Bentuk tindak tutur direktif guru terdiri atas bentuk direktif meminta, perintah dan bertanya. Bentuk direktif meminta ditandai dengan pemarkah ayo, coba, harap, dan tolong. Bentuk direktif perintah ditandai dengan pemarkah silakan, cepat, dan perhatikan. Bentuk direktif bertanya ditandai dengan pemarkah apa, berapa dan bagaimana. Sedangkan fungsi tindak tutur direktif terbagi dua fungsi yang meliputi fungsi langsung mencakup: memerintah, melarang, bertanya, fungsi tidak langsung mencakup: meminta, melarang, memerintah.


Full Text:

PDF

References


Nababan, P.W.J 1987. Ilmu Pragmatik:Teori dan Penerapannya. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Rohmadi, Muhammad 2004. Pragmatik: Teori dan Analisis. Yogyakarta: Lingkar Media. Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang. Tarigan, Henry Guntur 1996. Pengajaran Pragmatik. Bandung: Angkasa Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press Jamilatun. 2016. Tindak Tutur Direktif dan Ekspresif pada Rubrik Kriiing Solopos (Sebuah Tinjauan Pragmatik). Skripsi Sarjana Pendidikan FKIP Universitas Sebelas Maret Surakarta. Wiryotinoyo, M. 2006. Analisis Pragmatik dalam Penelitian Bahasa. Malang: Universitas Negeri Malang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Powered by Puskom-UMJ