Penanganan Optimal untuk Anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di KB-TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Fiorentina Fiorentina Magdalena, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Penanganan yang tepat bagi anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) sangat diperlukan dalam menangani serta meminimalisir gejala hiperaktivitas. Anak dengan ADHD sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama pada usia dini hingga remaja. Jika tidak ditangani dengan segera, kondisi ini dapat mempengaruhi masa depan anak tersebut. Anak dengan ADHD memerlukan penanganan khusus dalam memenuhi kebutuhannya guna meningkatkan potensi dan kemampuannya. Mereka memerlukan pengendalian diri yang berkaitan dengan meminimalisir atau menghapus kondisi hiperaktivitas, peningkatan rentang perhatian, dan pengendalian impulsivitas. Dalam konteks pembelajaran, diperlukan metode yang berbeda dari anak-anak lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan seperti apa pelaksanaan penanganan khusus yang disediakan oleh di KB-TK Lab School FIP UMJ dalam menangani anak ADHD. Metode studi pustaka digunakan berkaitan dengan penanganan khusus bagi anak ADHD. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penanganan anak ADHD di KB-TK Lab School FIP UMJ dilakukan dengan baik, sehingga memungkinkan anak-anak tersebut untuk berinteraksi dengan teman-teman mereka, melatih kesiapan belajar, dan menjalankan fungsi anggota tubuh mereka sehari-hari.

Full Text:

PDF

References


Baihaqi, M & Sugiarmin, M. (2006). Memahami dan Membantu Anak ADHD. PT. Refika Aditama.

Barkley, R. A. (2014). History of ADHD, Attention-Deficit Hyperactivity Disorder: A Handbook for Diagnosis and Treatment. Fourth Edition, 3–50.

DuPaul, G. J., & Stoner, G. (2014). ADHD in the schools: Assessment and intervention strategies (3rd ed.). The Guilford Press.

Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Fitzgerald, J., Lynch, J., Martin, A., & Cullen, B. (2021). Leading inclusive learning, teaching and assessment in post-primary schools in ireland: Does provision mapping support an integrated, school-wide and systematic approach to inclusive special education? Education Sciences, 11(4). https://doi.org/10.3390/educsci11040168

Hayati, D. L., & Apsari, N. C. (2019). Pelayanan Khusus Bagi Anak dengan Attentions Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Sekolah Inklusif. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 108–122. http://journal.unpad.ac.id/prosiding/article/view/22497

Holifurrahman, H. (2020). Kurikulum Modifikasi dalam Praktik Pendidikan Inklusif di SD Al-Firdaus. Inklusi, 7(2), 271. https://doi.org/10.14421/ijds.070205

Kurniasari, B. R. (2015). Layanan Guru pada Siswa Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) di Kelas V SD Negeri 1 Sedayu Kecamatan Sedayu Bantul. Prodi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta, 120(11), 259.

Kustawan. (2013). Manajemen Pendidikan Inklusif : Kiat Sukses Mengelola Pendidikan Inklusif di Sekolah Umum atau Kejuruan. PT. Luxima Metro Media.

Nurzaimah, A., Ezarina, Z., & Haris, A. W. (2013). School Social Work Intervention to Overcome Social Problems Among Student. Jurnal Pendidikan Malaysia, 38(1), 41–51. http://www.ukm.my/jurfpend/jurnal38/4NURZAIMAH ASALAL.pdf

Permendikbud. (2008). Pertaturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 32 Tahun 2008.

Rakhmawati, R. C., Asthiningsih, N. W. W., & Milkhatun. (2024). Pengaruh Art Therapy Terhadap Penurunan Hiperaktivitas Pada Anak Dengan Gangguan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (Adhd) : Literature Review. Medic Nutricia, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.5455/mnj.v1i2.644

Sahrudin, M., Djafri, N., & Suking, A. (2023). Pengelolaan Pendidikan Inklusif. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 162–179.

Sonia, P. D. (2023). Intervensi Dini Berbasis Sekolah Bagi Anak Adhd. Universitas Negeri Padang, Indonesia, 02(02), 1–6. k

Susilowati, T., Trisnamansyah, S., & Syaodih, C. (2022). Manajemen Pendidikan Inklusi dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 920–928. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.513

Tuzahara, N. K., Andriani, O., & Hania, A. P. (2024). Pendekatan Layanan Pendidikan Bagi Anak ABK ( ADHD Ringan ). 2(2), 27–37.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ