Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di SD LAB School FIP UMJ

Aslikah Budiyanti, Fitria Rosmi

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SD Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan subjek penelitian siswa. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif yang dimaksudkan tidak menguji hipotesis tertentu, tetapi hanya menggambarkan apa adanya, tentang variabel, gejala, atau keadaan. Informasi penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi pengumpulan data, membandingkan data sebagai sumber, dan penarikan kesimpulan. Nilai pendidikan karakter yang diutamakan melalui pembiasaan di SD Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta ialah nilai religious, nilai disiplin, dan nilai peduli lingkungan. Nilai pendidikan karakter dalam penerapannya dilakukan dengan metode pembiasaan. Praktek dalam penanaman pendidikan karakter terdapat tiga cara melalui pembiasaan rutin, pembiasaan spontan dan pembiasaan terprogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendidikan karakter melalui pembiasaan di SD Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta sudah dilaksanakan secara optimal dan baik, tetapi masih perlu pengawasan dan evaluasi dari kepala sekolah, guru, maupun karyawan di SD lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Penerapan Pendidikan Karakter di Sd Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta dapat merubah kepribadian siswa menjadi lebih baik.


Full Text:

PDF

References


Dr. Heri Gunawan, S. M. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER. Bandung: ALFABETA, Cv.

Hariyanto, M. S. (2011). Konsep dan Model Pembelajaran karakter. Jakarta: Bu Aksara.

Juriah ramadhani, S. A. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar . Bengkulu: LP2 IAIN Curup.

Natu, a. (1997). Filsafat Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu .

Nurul Ihsani, N. K. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan dalam Pembelajaran dengan Disiplin Anak Usia Dini.

Nuryanti. (2019). Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan di. PROSIDING SEMINAR NASIONAL.

Tsauri, S. (2015). Pendidikan Karakter peluang dalam membangun karakter Bangsa. Jawa Timur: IAIN Jember Press.

Wahyuni, a. (2021). Pendidikan Karakter Membentuk pribadi Positif dan Unggul di Sekolah. Sidoarjo, jawa Timur: all rights Reserved.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ