Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas V Pada Materi Ekosistem Melalui Metode Discovery Learning Di SD LAB School FIP UMJ

Musyaffa Luthfi, Fitria Rosmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model discovery learning sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Lab School FIP UMJ berjumlah 25 siswa. Kemampuan berfikir kritis menjadi hal yang perlu di kembangkan untuk dimiliki setiap peserta didik Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 25 siswa.  Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi model discovery learning sains  dan tes  objektif. Pencapaian  Kriteria Ketuntasan Minimal mengalami peningkatan  yaitu  rata-rata  hasil  belajar  kognitif  siswa  pada  siklus  I  sebesar  70%  dan  mengalami peningkatan  pada  siklus  II  menjadi  80%  yang  tuntas  dan  hasil  belajar  menggunakan  model discovery  learning siswa  pada  siklus  I  sebesar  72%  dan  mengalami  peningkatan  pada  siklus  II menjadi  88%.  Hal  ini  menunjukan  bahwa  hasil  belajar siswa mengalami  peningkatan dari  siklus  I ke  siklus  II.  Oleh  karena  itu,  siklus  II  sudah  memenuhi  indikator  pencapaian  hasil  belajar  siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning terhadap berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem di kelas V SD Labschool FIP UMJ dapat diterima. Penerapan model discovery learning tersebut dapat digunakan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA di sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Aldalur, I., & Perez, A. (2023). Gamification and Discovery learning: Motivating and involving students in the learning process. Heliyon, 9(1), e13135. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2023.e13135

Anjarwati, D., Juandi, D., Nurlaelah, E., & Hasanah, A. (2022). Studi Meta-Analisis: Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2417–2427. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1506

Arfika Wedekaningsih, Henny Dewi Koeswanti, S. G. (2019). Jurnal basicedu. Jurnal Basicedu, 3(1), 21–26.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading and Composition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604

Edi, S., & Rosnawati, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Matematika Model Discovery Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 234. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.3604

Eriansyah, Y., & Baadilla, I. (2023). Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 2(3), 151–158. https://doi.org/10.56916/ejip.v2i3.378

Kusuma, T. S. W., & Mustari, M. (2023). Model Discovery Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Cerita Pada Siswa SD. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.319

Larasati, D. A. (2020). Pengaruh Model Discovery Learning Berbasis Higher Order Thinking Skill Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. VOX EDUKASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 11(1), 39–47. https://doi.org/10.31932/ve.v11i1.684

Maharani, B. Y., & Hardini, A. T. A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantuan Benda Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa. E-Jurnalmitrapendidikan, 1(5), 549–561.

Moh. Zainul Muttaqin. (2022). Penerapan Discovery Learning Dengan Media Kartu Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Arab. Artickel, 2(2), 1075–1083. https://eproceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/113

Noviyanto, W. Y., & Wardani, N. S. (2020). Meta Analisis Pengaruh Pendekatan Discovery Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Tematik Muatan Ipa. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.27959

Prasetyo, F., & Kristin, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 5 SD. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 13. https://doi.org/10.30997/dt.v7i1.2645

Putra, H. S., & Sylvia, I. (2022). Penggunaan Model Pembelajaran Probing prompting Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi di Kelas X SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 273–281. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.45

Putriani, D., & Rahayu, C. (2018). The Effect of Discovery Learning Model Using Sunflowers in Circles on Mathematics Learning Outcomes. International Journal of Trends in Mathematics Education Research, 1(1), 22–25. https://doi.org/10.33122/ijtmer.v1i1.26

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/925

Safitri, W. C. D., & Mediatati, N. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1321–1328. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/925

Sugihartono. Dkk. (2007). Buku Psikologi Pendidikan.pdf. In Psikologi Pendidikan (pp. 1– 191).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ