Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4 – 5 Tahun melalui Kegiatan Art and Craft di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Nariah Dannor, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini ditulis untuk mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan Art and Craft yang meliputi (1) menggunting dan (2) menempel (3) meremas (4) Mewarnai. Anak usia 4-5 tahun di TK Lab School FIP UMJ belum sepenuhnya berkembang. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis huruf (horizontal, vertikal, lengkung, miring), dalam koordinasi mata dan tangan yang terlihat dari cara anak menggunakan gunting yang belum tepat, anak juga sulit melakukan kegiatan menjiplak bentuk serta melakukan gerakan manipulatif dan mengekspresikan diri dalam berkarya seperti kegiatan pembelajaran menempel benda sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan art and craft dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Lab School FIP UMJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini menandakan bahwa dengan melalui kegiatan Art and Craft, dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Lab School FIP UMJ.

Full Text:

PDF

References


Nurani, Y. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (2nd ed.).

Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak.

Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.

Azhima, I., Raya, J., Muka, R., & Timur, J. (2019). Art and Craft: Kegiatan Menyenangkan

untuk Melatih Kerjasama Anak Usia Dini Idzni Azhima Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 2502–7166.

Puryanti, P., & Isnaningsih, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Art Craft Terhadap Kemampuan

Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 162–

https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.319

Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to

Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),170.

Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:

Bumi Angkasa.

Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdikbud

Sujiono, Bambang dkk.(2010). Metode Pengembangan Fisik.Jakarta: Universitas Terbuka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ