Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4 – 5 Tahun melalui Kegiatan Art and Craft di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta
Abstrak
Penelitian ini ditulis untuk mengetahui seberapa besar perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kegiatan Art and Craft yang meliputi (1) menggunting dan (2) menempel (3) meremas (4) Mewarnai. Anak usia 4-5 tahun di TK Lab School FIP UMJ belum sepenuhnya berkembang. Hal ini terlihat dari sebagian besar anak mengalami kesulitan dalam kegiatan menulis huruf (horizontal, vertikal, lengkung, miring), dalam koordinasi mata dan tangan yang terlihat dari cara anak menggunakan gunting yang belum tepat, anak juga sulit melakukan kegiatan menjiplak bentuk serta melakukan gerakan manipulatif dan mengekspresikan diri dalam berkarya seperti kegiatan pembelajaran menempel benda sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan art and craft dalam meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Lab School FIP UMJ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini menandakan bahwa dengan melalui kegiatan Art and Craft, dapat meningkatkan perkembangan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Lab School FIP UMJ.Referensi
Nurani, Y. (2019). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini (2nd ed.).
Muarifah, A., & Nurkhasanah, N. (2019). Identifikasi Keterampilan Motorik Halus Anak.
Journal of Early Childhood Care and Education, 2(1), 14.
Azhima, I., Raya, J., Muka, R., & Timur, J. (2019). Art and Craft: Kegiatan Menyenangkan
untuk Melatih Kerjasama Anak Usia Dini Idzni Azhima Program Pascasarjana Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1), 2502–7166.
Puryanti, P., & Isnaningsih, A. (2022). Pengaruh Kegiatan Art Craft Terhadap Kemampuan
Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun. Aulad: Journal on Early Childhood, 5(1), 162–
https://doi.org/10.31004/aulad.v5i1.319
Annisa, A., & Sutapa, P. (2019). The Implementation of Nature-based Learning Models to
Improve Children’s Motor Skills. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1),170.
Arikunto, Suharsimi., Suhardjono, Supardi. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:
Bumi Angkasa.
Sumanto. (2005). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak TK. Jakarta: Depdikbud
Sujiono, Bambang dkk.(2010). Metode Pengembangan Fisik.Jakarta: Universitas Terbuka