Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) pada Siswa Kelas 2.3 SD LAB School FIP UMJ

Fitria Rosmi, Nur Halimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pendekatan Contextual Teaching Learning, dapat mengetahui kemampuan menulis huruf tegak bersambung siswa kelas 2.3 SD Lab School FIP UMJ. Dengan meningkatkan kemampuan menulis huruf tegak bersambung dapat berpengaruh terhadap kemudahan dalam mengerjakan tugas. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan pada semester genap pada bulan Januari tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas 2.3 sebanyak 20 orang. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan data sekunder.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan menulis dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL) secara signifikan meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas 2 Sekolah Dasar. 


Full Text:

PDF

References


Agustini, A and, Fauzi, F. 2023. Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Sampel Kelas II UPTD SDN Campor 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan. Journal amalinsani, 2 (2): 8

Erlina Ika, N. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Menulis Tegak Bersambung Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Pendekatan Contekstual Teaching And Learningg Siswa Kelas 1B SD Sonosewu Kasihan Bantul Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal repository universitas PGRI Yogyakarta, 4

Fatimah, S and, Rina, P, Linda Ika, M. 2020. Upaya Meningkatkan Kemampuan Huruf Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajaran Kontekstual. Jurnal stkipkusumanegara, 376.

Fauziah, A. 2018. Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Strategi Kontekstual Kelas II SD. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 7 (39): 3.928

Fikri, M. 2022. Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Menggunakan Kombinasi Pendekatan Konrekstual, Metode SAS dan Menjiplak Pada Siswa Kelas II SDN Basirih 5 Banjarmasin. (Skripsi Sarjana Universitas Lambung Mangkurat).

Istiqoomah, L. 2018. Meningkatkan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Model CTL (CONTEXTUL TEACHING LEARNING) Bagi Siswa Kelas II Semester II Di SD Negeri 01 Cangakan Kecamatan Karanganyar Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2017/2018. (Skripsi Sarjana, Universitas Tunas Pembangunan Surakarta).

Setyaningsih, F. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung Melalui Model Pembelajran Komtekstual Pada Siswa Kelas Awal SD Negeri Karangputat 02 Cilacap. (Skripsi Sarjana, Universitas Negeri Yogyakarya).

Usmiwati. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Tegak Bersambung dengan Menggunakan Model Pembelajaran Langsung Siswa Kelas I Sdn Ujung VIII Surabaya. Jurnal Penelitian Guru Sekolah Dasar, 3.

Wiratama Novialita, A. 2022. Meningkatkan Keterampilan Menulis Deskripsi melalui Pendekatan Kontekstual pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6 (3): 6

Yunianto Lilik, B.2010. Upaya Peningkatan Keterampilan Menulis Tegak Bersambung Melalui Pendekatan Kontekstual Bagi Siswa Kelas II Sekolah Dasar Negeri II Waleng Kecamatan Girimarto Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2009/2010. (Skripsi Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ