Penggunaan Model Pembelajaran Direct Instruction untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menulis Surat Undangan Tidak Resmi Siswa Kelas V SD LAB School FIP UMJ

Bintang Senja Riduan, Fitria Rosmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis surat tidak resmi pada siswa kelas V SD Labschool FIP UMJ melalui penerapan model (Direct Instruction). Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya berbagai kesulitan yang dihadapi siswa dalam menulis surat tidak resmi, termasuk pemahaman tentang struktur surat, penggunaan tata bahasa dan ejaan yang tepat, serta kemampuan mengekspresikan ide dan perasaan secara jelas dan sopan. Selain itu, rendahnya motivasi dan minat siswa dalam menulis surat tidak resmi juga menjadi fokus utama dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 25 peserta didik. Instrumen yang digunakan meliputi lembar observasi, tes menulis surat. Pada tahap perencanaan, disusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) dengan model Direct Instruction. Selama pelaksanaan, siswa diberikan arahan yang jelas, contoh konkret, dan latihan menulis surat tidak resmi dengan bimbingan guru.


Full Text:

PDF

References


Damanik, D. P., & Bukit, N. (2013). Analyze critical thinking skills and scientific attitude in physics learning used inquiry training and direct instruction learning model. Jurnal Pendidikan Fisika Unimed, 2(1), 16-24.

Royani, I., Mirawati, B., & Jannah, H. (2018). Pengaruh model pembelajaran langsung berbasis praktikum terhadap keterampilan proses sains dan kemampuan berpikir kritis siswa. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 46-55

Yanti, W. (2019). Penggunaan model pembelajaran langsung (direct instruction) untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas X IPA 1 SMA Negeri 15 Kota Takengon tahun pelajaran 2018-2019. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 7(2), 115-120.

Pritandhari, M. P. (2017). Implementasi model pembelajaran direct instruction untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 5(1).

Trianto, S. P., & Pd, M. (2007). Model-model pembelajaran inovatif berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sabri, T. (2018). Teachers’ Way Applying Integrated Learning Using Integrated Model With Creativity in Development Simple Aircraft as Central Theme. Journal of Education, Teaching and Learning, 3(1), 146-151.

Arikunto, S. (2021). Penelitian tindakan kelas: Edisi revisi. Bumi Aksara

Kartikasari, A., & Soegiyanto, U. (2015). Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi Melalui Metode Picture And Picture. Didaktika Dwija Indria, 3(8).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ