Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Anak Usia 4 – 5 Tahun dalam Mengenal Huruf melalui Media Papan Abjad di KB TK Lab School Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Zahrah Haniifah, Imam Mujtaba, Anita Damayanti

Abstract


Artikel ini ditulis untuk menggambarkan peningkatan kemampuan anak mengenal huruf yang terdiri dari beberapa aspek yaitu (1) menyebutkan bunyi huruf dengan benar (2) menyebutkan huruf awal dari nama benda-benda yang ada disekitarnya (3) menyebutkan huruf akhir dari nama benda-benda yang ada disekitarnya. Anak yang dapat mengenal huruf dengan baik cenderung memiliki kemampuan membaca dengan lebih baik. Untuk itu diperlukan stimulasi yang tepat dari guru sehingga anak benar-benar dapat memahami huruf abjad dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan huruf melalui permainan media papan abjad. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hal ini menandakan bahwa dengan menggunakan permainan media papan abjad dapat meningkatkan kemampuan anak tentang huruf. Berdasarkan observasi awal dilapangan bahwa kemampuan mengenal huruf di kelompok A KB TK Lab.School Fip Umj masih rendah, Anak Nampak kesulitan saat menyebutkan huruf-huruf. Anak juga terbalik saat menyebutkan huruf dengan lafal atau bentuknya mirip, misalnya “d dan b”, ”f dan v”, ”m dan n”, ”p dan q”, ”m dan w”. Anak juga kesulitan saat diminta menyebutkan kata dari sebuah huruf.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2012). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Carol Seefelt dan Barbara A. Wasik dalam Sheila S. Rahayuningsih (2019): tentang kesanggupan mengenali tanda-tanda huruf.

Glenn Doman. (1964). Teaching Your Baby to Read. New York: The Better Baby Press.

Hasan. 2009. Pembelajaran Bahasa Anak Usia Dini. Surabaya: PT Remaja Rosdakarya.

Imas Kurniawan. (2017). Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Penerbit Prestasi Pustaka.

Jalil. (2014). Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 58 Tahun (2009) tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

McNiff, J. (n.d.). Action Research: Principles and Practice.

Rahayuningsih, S. S., & dkk. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Seefeldt, C., & Wasik, B. A. (2019). Early Education: Three-, Four-, and Five-Year-Olds Go to School. Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Sheila S. Rahayuningsih, dkk. (2019). Pendidikan Anak Usia Dini: Teori dan Praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Trisnawati. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ