Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Media Pasir Pada Anak Kelompok A II TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Aisyiah 12 Setiabudi Pamulang. Subyek penelitian adalah anak usia dini kelompok A di TK Aisyiah 12 Setiabudi Pamulang yang berjumlah sebanyak 14 anak usia dini, terdiri dari 4 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, dan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan menulis permulaan, yaitu siklus I sebesar 69% dan pada siklus II mencapai sebesar 86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak.
Full Text:
PDFReferences
Menville, Jennifer D. Parent Guide. 2010. Serunya Bermain Pasir, (On line)
(http://www.Parents.co.id/dsp_content/ hp, diakses tanggal 15 April 2012).
Kurniasari, Diyah. 2010. Pendekatan Pembelajaran Beyond Center And
Circle Time (BCCT) di Sentra Persiapan Dalam Upaya Persiapan
Menulis Dasar (On Line)
(http//etd.eprints.ums,ac.id/9830/A5200 85029.pdf. diakses 15 April 2012).
Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PI Raja.
Subinarto, Djoko. 2005. Jurus Jitu Mengasah Otak si Kecil. Bandung: Media Inc.
Sugiarti. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek PGSM.
Suharsimi, Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.