Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Permulaan melalui Media Pasir Pada Anak Kelompok A II TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang

Authors

  • Ambarwati Ambarwati Trianingsih Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Adiyati Fathu Roshonah Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Anita Damayanti Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak kelompok A di TK Aisyiah 12 Setiabudi Pamulang. Subyek penelitian adalah anak usia dini kelompok A di TK Aisyiah 12 Setiabudi Pamulang yang berjumlah sebanyak 14  anak usia dini, terdiri dari 4 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi partisipatif, dan menggunakan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Dari hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan nilai prosentase kemampuan menulis permulaan, yaitu siklus I sebesar 69% dan pada siklus II mencapai sebesar 86%, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan media pasir dapat meningkatkan kemampuan menulis permulaan pada anak.

References

Menville, Jennifer D. Parent Guide. 2010. Serunya Bermain Pasir, (On line)

(http://www.Parents.co.id/dsp_content/ hp, diakses tanggal 15 April 2012).

Kurniasari, Diyah. 2010. Pendekatan Pembelajaran Beyond Center And

Circle Time (BCCT) di Sentra Persiapan Dalam Upaya Persiapan

Menulis Dasar (On Line)

(http//etd.eprints.ums,ac.id/9830/A5200 85029.pdf. diakses 15 April 2012).

Sudijono, Anas. 2006. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PI Raja.

Subinarto, Djoko. 2005. Jurus Jitu Mengasah Otak si Kecil. Bandung: Media Inc.

Sugiarti. 1997. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Proyek PGSM.

Suharsimi, Arikunto, dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi

Aksara.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Downloads

Published

2024-09-03

Issue

Section

Articles