Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Materi Kata Tanya melalui Model Pembelajaran Make A Match Di Kelas 2A MIS AL-HIDAYAH

Aynina Chandra Lestari, Laily Nurmalia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Indonesia pada materi kata tanya melalui model pembelajaran make a match di kelas II A MIS AL-HIDAYAH. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan, yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan, Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II A MIS AL-HIDAYAH sebanyak 26 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan motivasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi kata tanya melalui model pembelajaran make a match yang ditunjukan dengan persentase pada siklus II sebesar 76,667% yang sebelumnya persentase pada siklus I hanya sebesar 73%. Berdasarkan hal tersebut disimpulkan persentase motivasi belajar meningkat sebesar 3,667%, maka dapat dinyatakan bahwa dengan penerapan model pembelajaran make a match dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi kata tanya pada kelas II A MIS AL-HIDAYAH pada semester 2 tahun ajaran 2023/2024.


Full Text:

PDF

References


Ludmila Sesfaot, Y. I. (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Cendekia, Pendidikan Matematika, 454-460.

Nursalam, A. K. (2022). PENGARUH MOTIVASI, SIKAP, DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MASA PANDEMI COVID-19. Program Studi Pendidikan Matematika, 2740-2752.

Qomariyah, S. (2020). Motivasi dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran make a match Berbantuan Media Cerita Bergambar. EDUTECH Universitas Pendidikan Ganesha, 59-71.

Sumarni. (2021). MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENYESUAIAN DIRI DENGAN LINGKUNGAN PADA SISWA. Kewarganegaraan, 39-44.

Wahyu Indrastuti, S. U. (2017). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a match. Pendidikan, 1037-1042.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ