Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa melalui Metode Bermain Peran pada Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang

Adiyati Fathu Roshonah, Firdha Nurhalizah, Anita Damayanti

Abstract


Perkembangan pada anak usia dini akan berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak yang akan datang, dalam setiap aspek perkembangan saling berhubungan dengan proses perkembangan anak. salah satu aspek perkembangan anak ialah bahasa, bahasa sebagai sarana komunikasi yang berisikan pikiran dan perasaan dalam menyampaikan informasi kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas metode bermain peran dalam memperkaya kemampuan bahasa pada anak usia dini usia 4-5 tahun di tk aisyiyah 12 setiabudi pamulang. Dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini melibatkan observasi langsung, wawancara dan analisis terhadap aktivitas bermain peran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode bermain peran mampu meningkatkan kemampuan bahasa anak usia dini dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Anak - anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan berkomunikasi, berimajinasi, dan berkolaborasi melalui partisipasi aktif dalam aktivitas bermain peran. Temuan ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan anak usia dini, terutama dalam merancang strategi pembelajaran yang menarik dan efektif untuk meningkatkan kemampuan bahasa mereka.


Full Text:

PDF

References


Muliyana, M., & Wardhana, K. E. (2022). Meningkatan Kemampuan Berbahasa Dengan Bermain Peran Pada Anak Usia Dini. BOCAH: Borneo Early Childhood Education and Humanity Journal, 1(2), 125-134.

Inten, D. N. (2017). Pengembangan keterampilan berkomunikasi anak usia dini melalui metode bermain peran. Mediator: Jurnal Komunikasi, 10(1), 109-120.

Noviyanti, R. F., & Millah, S. (2020). Peningkatan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Melalui Metode Bermain Peran. Tarbiyat al-Aulad: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1).

Musi, M. A., & Winata, W. (2017). Efektivitas Bermain Peran Untuk Pengembangan Bahasa Anak. PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 1(2), 93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ