Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Media Gambar Berseri pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang

Kanya Iasha Safitri, Adiyati Fathu Roshonah, Anita Damayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B melalui media gambar berseri. Media gambar berseri dipilih karena sesuai dengan tahap perkembangan anak usia 5 tahun yang masih senang dengan gambar dan cerita. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pra-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah 14 anak kelompok B di TK Aisyiyah 12 Pamulang. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes membaca permulaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca permulaan anak kelompok B setelah menggunakan media gambar berseri. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa media gambar berseri efektif untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B.


Full Text:

PDF

References


Agustiana, R., & Ramadhini, F. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Kegiatan Circle Time. PERNIK, 3(1), 1-24.

Chrestiany, S., & Hasibuan, R. (2018). Implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Kosgoro Surabaya. Jurnal PAUD Teratai, 7(1), 1-5.

El Rahmah, W., & Ray, D. (2019). Pengaruh Penggunaan Metode Show And Tell Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 4-5 Tahun Di RA Istiqomah Medan TA 2018/2019. Jurnal Usia Dini E-ISSN, 2502, 7239.

Putri, A. A. (2018). Studi tentang kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Pertiwi Dwp Setda Provinsi Riau. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 115-122.

Sumitra, A., Windarsih, C. A., Elshap, D. S., & Jumiatin, D. (2020). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita Menggunakan Boneka Jari. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 6(1), 1-5.

Trisdiana, N. Z., Arkam, R., & Mustikasari, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Bercerita Anak Usia Dini dengan Media Boneka Jari. MENTARI: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ