Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan melalui Metode Bercerita pada Anak Usia 5 – 6 Tahun di TK Aisyiyah 12 Setiabudi Pamulang

Nurul Hidayah, Adiyati Fathu Roshonah, Anita Damayanti

Abstract


Perkembangan bahasa pada anak usia dini yaitu perubahan sistem lambang bunyiyang berpengaruh terhadap kemampuan berbicara anak usia dini yang berpengaruh juga terhadap penguasaan kosakata anak. Kemampuan membaca pada anak usia dini dikembangkan melalui kegiatan bermain. Karena pada hakikatnya anak belajar melalui bermain. Kemampuan membaca anak mulai dikembangkan melalui kegiatan mengenal gambar, mengenal kata, mengenal huruf, merangkai huruf menjadi satu kata, hingga merangkai huruf membentuk kalimat sederhana. Adapun karakteristik materi tahap membaca awal itu pendek dan dapat diperkirakan, berulang, menggunakan bahasa yang sederhana, teksnya sederhana, mudah diingat, gambar dan teks sesuai sertagambar sangat dominan.  Meningkatkan kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun melalui metode bercerita di TK Aisyiah 12 Setiabudi Pamulang. Metode bercerita dipilih karena dianggap efektif dalam merangsang minat baca anak serta mengembangkan keterampilan berbahasa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.Penerapan metode bercerita dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak secara signifikan. Anak-anak menjadi lebih tertarik dan termotivasi untuk membaca, serta mengalami peningkatan dalam hal pengenalan huruf, pengucapan kata, dan pemahaman isi cerita. Selain itu, interaksi antara guru dan siswa juga menjadi lebih aktif dan dinamis. Dengan demikian, metode bercerita direkomendasikan sebagai salah satu strategi yang efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Panduan Pembelajaran Membaca Permulaan di TK. Jakarta: Depdiknas.

Megaswarie, R. N. (2020). Implementasi Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Berkesulitan Belajar Membaca. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(1), 17–23.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wiyani, N. A. (2016). Mengelola Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ