Kelebihan dan Kekurangan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri Gorowong 05 Parung Panjang

Shakila Riyani, Putriyanti Aprilia Utami, Fairuz Zahira, ocih ocih

Abstract


Kurikulum Merdeka merupakan sistem terbaru dalam pendidikan Indonesia yang memberikan fleksibilitas dan lisensi dalam proses pembelajaran. penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang relevan, Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi aspek positif dan negatif dari Kurikulum Merdeka dalam konteks pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Negeri Gorowong 05. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif, yang bertujuan untuk memberikan gambaran mendalam mengenai kelebihan dan kekurangan yang muncul dalam implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil  dari  penelitian  ini  mengindikasikan adanya kelebihan dan kekurangan kurikulum  merdeka menjadi  tantangan yang  harus  dihadapi  oleh  guru SD Negeri Gorowong 05.  Kurikulum yang digunakan di sekolah dasar negeri Gorowong 05 Kabupaten Bogor Kecamatan Parung Panjang sudah diterapkan secara merata dari fase A-fase C akan tetapi dalam pembelajaran Bahasa Indonesia ada beberapa yang masih belum diterapkan ketika pembelajaran berlangsung contohnya dalam sarana dan prasarana masih belum lengkap hal tersebut menunjukkan adanya kekurangan.  Guru merasa bahwa adanya kekurangan pada implementasi kurikulum merdeka khususnya pada pembelajaran Bahasa Indonesia sangat rumit untuk diterapkan karena sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah harus memenehui seluruh fase akan tetapi hal tersebut belum merata ketika pembelajaran berlangsung.

 


Full Text:

PDF

References


Firdaus, Rifyan, & Permana, J. (2024). Kelebihan dan Kekurangan Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 8.3, 1891-1904.

Khaerunnisa, Khaerunnisa, & Azhari, I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Kompleks Pada Peserta didik Kelas Xi Smk Informatika Ciputat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan., Vol. 1. No. 1, 167-181.

Pramesti, Avita, Evangelyne, G., & Krulbin, A. N. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1.3, 8-8.

Prihastari, Busti, E., & Widyaningrum, R. (2024). Pemahaman Guru Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 15.1, 88-95.

Purnawanto, & Teguh, A. (2022). Perencanakan Pembelajaran Bermakna dan Asesmen Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 15.1, 75-94.

Purnawanto, & Teguh, A. (2023). Pendidikan Karakter Melalui Internalisasi Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pedagogy, 16.2, 103-115.

Siti, W. (2022). Kurikulum Merdeka untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4.6, 13404-13408.

Supriatna, Nana, M. M., Diyanti, I. E., & dewi, R. S. (2023). Analisis Perbandingan Kurikulum KTSP, K13 dan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Journal on Education, 6.1, 9163-9172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ