Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Pembelajaran IPAS dalam Materi “Ekosistem” Melalui Pop-Up Book di Kelas V-A MIS Al-Hidayah

Muhammad Aria Firdaus, Laily Nurmalia, Mas Roro Diah Wahyulestari

Abstract


Penelitian yang berfokus Pembelajaran IPAS mencakup berbagai macam kategori tentang alam dan sosial salah satunya yakni ekosistem. dengan mempelajari materi yang luas dan kompleks sehingga hasil belajar peserta didik tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui penggunaan media Pop Up book dalam pembelajaran IPAS. Melalui media pembelajaran Pop Up Book tentu saja diharapkan ada peningkatan dalam proses hasil belajar peserta didik. Dengan menggunakan  penelitian yaitu PTK (Penelitian Tindakan Kelas) melalui empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi serta Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan test. Subyek penelitian yaitu peserta didik kelas V A yang berjumlah 28 orang. Pada pra siklus nilai rata-rata peserta didik yaitu 67,64 dan yang mencapai kategori baik yakni hanya 3 orang saja. Pada siklus I nilai rata-rata peserta didik 71,67 dan yang mencapai kategori baik  sebanyak 8 orang. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat sebesar 79,74 dan yang mencapai Kategori baik sebanyak 19 orang. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diatas maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Pop Up Book dapat meningkatkan hasil belajar pada  pembelajaran IPAS di kelas V A MIS AL-Hidayah. Berdasarkan data pada tahap pra siklus, pembelajaran siklus I dan II adanya peningkatan.


Full Text:

PDF

References


Baharuddin. 2007. Psikologi Pendidikan Refleksi Teoritis Terhadap Fenomena. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Solso, Robert L. (2008). Psikologi Kognitif. Jakarta. Erlangga.

Bluemel & Taylor. 2012. Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC.

Ahmadi, F., Fakhruddin, F., Trimurtini, T., & Khasanah, K. (2018). The Development of Popup Book Media to Improve 4th Grade Students’ Learning Outcomes of Civic Education. Asia Pacific Journal of Contemporary Education and Communication Technology, 4(1), 42–50.

Nisaa’. F. K., & Zuanita. A., 2021. Pengaruh Penggunaan Pop-up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Siklus Air. Journal Of Integrated Elementary Education. 1(2)

Nurfadhillah, Septy. 2021. Media Pembelajaran. Jawa Barat: CV Jejak

Nurhidayah, N., Jumaeri, J., & Susilaningsih, E. (2021). Development of Video Based on Pop Up Questions Integrated Religious Character Human Digestive System Materials. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 250–255.

Putra, S.R. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jogjakarta: DIVA Press.

Rohani. 2019. Media Pembelajaran. Universitas Islam Negeri. Sumatera Utara.

Silitonga, Maria Belen, dkk. 2023. The Influence of Pop-Up Book Media on Student Learning Outcomes on Subtema 1 Ecosystem Components Class V at UPTD SD Negeri 122337 Pematang Siantar. International Journal of Integrated Science and Technology (IJIST). Vol.1, No.3, 2023: 225-232


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ