Penerapan Media Wordwall dalam Pembelajaran IPAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 4A MIS Al-Hidayah
Abstract
Media pembelajaran dapat membuat sebuah pembelajaran menjadi menarik sehingga membuat siswa aktif dan menarik dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu peneliti menerapkan media interaktif word wall untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 4 A MIS Al Hidayah tahun ajaran 2023/2024. Tujuan penelitian ini untuk menerapkan metode pengajaran yang lebih inovatif dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi seperti wordwall selain itu penggunaan Wordwall dalam pembelajaran IPAS di SD akan memberikan wawasan yang berharga tentang bagaimana teknologi digital dapat diintegrasikan secara efektif ke dalam kurikulum untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, yang setiap siklus itu terdiri dari 4 tahapan: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, Refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan media word wall berjalan dengan baik karena menunjukkan peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari akhir siklus I sebesar 75,86% dan pada akhir siklus II sebesar 89,66% yang merupakan peningkatan yang baik. Nilai rata-rata pada akhir siklus I sebesar 84 dan pada akhir siklus II sebesar 91,37. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan media word wall dapat meningkatkan hasil belajar IPAS pada siswa kelas 4 A MIS Al Hidayah Tangerang Selatan.
Full Text:
PDFReferences
Anugrah, A. I. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VI SDN 48 Cakranegara. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(3), 208-1026.
Fajarianti, A. (2023). Pengembangan Media Game Edukatif Berbasis Wordwall Mata Pelajaran Ipa Materi SPDM Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 113-123. From https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/52553/42449
Jauhar, S. &. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Tpack pada Pembelajaran IPS Siswa Kelas 5 SDIT Rabb Kecamatan Ternate Rianttang Kabupaten Bone. Global Journal Teaching Professional, 371-378. doi: DOI.10.35458
Maghfiroh, K. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Jurnal Profesi Kependidikan, 65. From https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/13742/7791
Nissa, S. &. (2021). Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854-2860. From https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/880/pdf
Pradani, T. (2022). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPAS di Sekolah Dasar. Educenter Journal Ilmu Pendidikan, 1(1), 452-457. doi: https://doi.org/10.15408/elementar.blil.20375
Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah Kelas 1. Jurnal Pendidikan Dasar, 145-165. doi: htpps//Doi.Org/10.31764/ Jpmb.V4i2.4112
Safrudin, H. C. (2024). Penerapan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa di Kelas Va SD S Tiha Gati Kepenuhan Hulu. Jurnal MediaTIK: Jurnal Media Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, 7(2), 74-77. From https://journal.unm.ac.id/index.php/MediaTIK/article/view/2355/1552
Sari, P. Y. (2021). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz dan Wordwall Pada Pembelajaran IPA Bagi Guru Guru SDIT Al Kahfi. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(2), 195.
Suhelayanti, s. z. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial. Langsa: Yayasan Kita Menulis.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Redaksi Prosiding SEMNASFIP
Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028 Email: fip@umj.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.