Meningkatkan Karakter Peserta Didik untuk Menjaga Kebhinekaan Dalam Pendidikan Pancasila di SDN Pondok Cabe Ilir 01

Falikah Hayatun Nufus, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Menanamkan jiwa nasionalisme di dalam pembelajaran pendidikan pancasila kepada peserta didik dapat meningkatkan karakter peserta didik dalam menjaga kebhinekaan. Oleh karena itu, perlu ditingkatkan jiwa nasionalisme peserta didik untuk menjaga kebhinekaan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan karakter peserta didik dalam menjaga kebhinekaan dalam pembelajaran pendidikan pancasila di dalam materi memaknai pentingnya menjaga kebhinekaan. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang dilaksanakan di dalam kelas 2 di SDN Pondok Cabe Ilir 01. Data -data di dalam penelitian ini dianalisis berdasarkan hasil wawancara dan hasil observasi di dalam kelas. Dari hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan karakter peserta didik dalam menjaga kebhinekaan peserta didik di kelas 2 SDN Pondok Cabe Ilir. Selain itu, metode dan model pembelajaran PBL juga dinilai berhasil dan meningkatkan karakter peserta didik dalam menjaga kebhinekaan.


Full Text:

PDF

References


Agus robiyanto,2021- pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa, jurnal pendidikan guru sekolah dasar, 2(1),3-4

Annisa M, Eri Juliawati, O. Arifudin, 2022, Implementasi model problem based learning dalam meningkatkan keaktifan pembelajaran, jurnal tahsinia, 3(2), 2

Angga, yunus abidin, sofyan iskandar, 2022, penerapan pendidikan karakter dengan model pembelajaran berbasis keterampilan abad 21, jurnal basicedu, 6(1), 5

Imaningtyas, iva sarifah, syahrul sabanil, 2022, peran guru dalam pelaksanaan hidden curriculum untuk menumbuhkan karakter kebhinekaan global siswa sekolah dasar

Muhammad rijal fadli, 2021, memahami desain metode penelitian kualitatif, humanika, 21(1), 4-5

Ni made anggi arlina p, 2021, peran penting moderasi keberagaman dalam menjaga kebhinekaan indonesia, prosiding, 7(1), 1

T Heru Nurgiansah, 2021, pendidikan pancasila sebagai upaya membentuk karakter jujur, jurnal pendidikan kewarganegaraan undiksha, 9(1), 2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ