Peningkatan Kreativitas Peserta Didik melalui Penggunaan Media Gambar Bentuk Bangun Datar Kelas 1 SDN Pondok Cabe Ilir 01

Fatonah Putri Pratiwi, Dendi Wijaya Saputra

Abstract


Kemampuan matematika berpengaruh terhadap kreativitas peserta didik, terutama pengetahuan mengenai geometri dalam mengenal karakteristik bangun datar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengembangan pembelajaran matematika dalam materi bangun datar demi meningkatkan kreativitas peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh implementasi media gambar pada peningkatan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran materi bangun datar. Metode yang digunakan penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK) terhadap siswa kelas 1 SDN Pondok Cabe Ilir 01. Data-data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif. Dari hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan dalam penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar sukses dalam meningkatkan pengetahuan peserta didik kelas 1 SDN Pondok Cabe Ilir 01 meningkat, ditandai dengan bertambahnya jumlah peserta didik yang nilainya berpredikat baik dari 30,77% menjadi 61,54%. Selain itu, metode menggambar objek menggunakan elemen bangun datar juga dinilai sukses dalam meningkatkan kreativitas peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Fitria, N. . U. U. . & A. O. (2020). Analisis Faktor-Faktor Terhadap Pengambilan Keputusan Calon Mahasiswa Untuk Memilih Jurusan Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 1(2), 120-127.

Kuswanto, H., Rodiyanti, N., Kholisho, Y. N., & Arianti, B. D. D. (2020). Pengaruh Kemampuan Matematika Terhadap Kemampuan Computational Thinking Pada Anak Usia Sekolah Dasar. Educatio, 15(2), 78–84. https://doi.org/10.29408/edc.v15i2.2916

Sugiarni. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd Melalui Penggunaan Media Gambar. Jurnal Education and Development, 8(4), 108–114.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Supriatna, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Menggambar Bentuk Bangun Ruang Di Paud Mawar Vii Perumahan Peruri Telukjambe Timur. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 2(2), 194–208.

Wati, W. R. A. (2022). Analisis Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Geogebra Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional MIPA UNIBA, 2(1), 16–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ