Meningkatkan Pengetahuan tentang Produk Unggulan di Indonesia Melalui Media Pembelajaran Power Point Interaktif Untuk Kemajuan Perekonomian pada Siswa Kelas V D SDN Pondok Cabe Ilir 01

Nadia Ananda Putri, Dendi Wijaya Saputra, Sri Irnaningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan tentang produk unggulan yang bisa di jual diberbagai macam daerah di Indonesia pada siswa kelas 5 SDN Pondok Cabe Ilir 01 dengan menggunakan media pembelajaran power point interaktif. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan pada semester 2 tahun ajaran 2024. Subjek penelitan adalah peserta didik kelas 5 D sebanyak 22 orang. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Instrumen penelitian ini peneliti sendiri, dan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dan catatan lapangan untuk mengumpulkan data kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran power point interaktif dapat meningkatkan pengetahuan siswa kelas V D SDN Pondok Cabe Ilir 01 dan memotivasi siswa menjadi lebih bersemangat dalam melaksanakan pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


A Widayati (2008). Jurnal pendidikan akuntansi indonesia, 2008. journal.uny.ac.id

Astuti, E. P. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan

Ab Marisyah1, Firman2, R. (2019). Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Pendidikan. 3, 2–3.

Amirin, M.T. (2013). Manajemen pendidikan. Yogyakarta : UNY press.

Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara. Jurnal Pendidikan

Pintek. (2021). Pengertian Media Pembelajaran, Contoh dan Manfaatnya Untuk Sekolah.https://pintek.id/blog/media-pembelajaran/.

Sukmawati Dewi. I.2022. Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Inetraktif Subtema I Keberagaman Budaya Bangsaku Kelas IV SDN 151 Pekan Baru,33.

Wulandari Eka. (2022) .Pemanfaatan Powerpoint Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Dalam Hybrid Learning,29-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ