Perkembangan Gabungan pada Keterampilan Mengeja Anak Melalui Dua Bahasa

Wili Astuti, Afrin Puspasari, Efi Rusdiyani, Bima Putro Wijayanto, Evita Nur Verdiana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan pengejaan bahasa indonesia dan bahasa jawa siswa, strategi guru serta peran orang tua dalam mengajarkan membaca pada anak. Metode penelitian yaitu kualitatif deskritif.Objek dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar kelas satu di SD Djama’atul Ichwan Program Utama Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data interaktif yang terdiri dari data reduction, data display, dan conclution drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Jenis kesalahan pengejaan bahasa indonesia dan bahasa jawa yaitu antara lain yaitu dalam membedakan bunyi. 2) Strategi Strategi yang dilakukan guru dalam mengajarkan anak membaca dengan mengeja pada anak yaitu dengan cara mengenalkan huruf melalui media pembelajaran. 3) Peran orang tua dalam mengajarkan keterampilan membaca pada anak.


Full Text:

PDF

References


.....


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Redaksi Prosiding SEMNASFIP

Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Jakarta
Jalan K.H. Ahmad Dahlan, Cirendeu, Ciputat, Tangerang Selatan, Provinsi Banten
Telepon: 021 7442028    Email: fip@umj.ac.id

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

 

       

 

Powered by Puskom-UMJ